• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

PVMBG Pasang Alat Tiltmeter Data Logger di Gunung Raung

Minggu, 28 April 2024

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memasang alat baru untuk mendeteksi deformasi atau disebut tiltmeter  Data Logger pada Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl). "Kami menambah satu alat pantau deformasi gunung, sehingga dapat mendeteksi lebih akurat untuk membantu deteksi alat yang lama," kata Kepala Sub-Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Hendra Gunawan, di Pos Pantau Gunung Api (PPAG) Raung di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (6/7).


Menurut dia, alat tersebut akan dipasang setelah Lebaran karena kondisi yang cukup sulit di sekitar puncak Raung dan di sisi lain petugas menjalankan ibadah puasa, sehingga tidak memungkinan untuk memasang alat tersebut.


"Petugas juga memasang tiltmeter atau alat pengukur deformasi gunung yang berfungsi untuk mendeteksi pengembungan atau pengempisan tubuh Gunung Raung pada Selasa (7/7) atau melihat kondisi di lapangan," tuturnya.


Tiltmeter data logger yang berada di gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember tersebut rusak karena jaringannya tersambar petir pada Februari 2015.


"Tiltmeter akan dipasang 8 kilometer dari puncak Raung itu, sehingga gerakan gunung api yang berstatus siaga itu dapat terpantau dari PPGA Raung di Kecamatan Songgon," paparnya.


Sejak statusnya meningkat menjadi siaga pada 29 Juni 2015, sebanyak 10 petugas PVMBG turun langsung ke PPGA Raung untuk memantau aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.332 mdpl.


"Satu tim dari PVMBG yang terdiri dari 10 orang memantau Gunung Raung di Pos Pengamatan dan evaluasi aktivitas gunung api dilakukan setiap enam jam sekali," katanya.


Data yang terekam di seismograf PPGA Raung tercatat aktivitas Gunung Raung selama enam jam terakhir pada Senin pukul 06.00-12.00 WIB menyebutkan gempa tremor menerus dengan amplitudo 6-32 milimeter, namun yang dominan 28 milimeter.


Sedangkan pantauan secara visual, cuaca terang dan angin tenang dengan suhu udara 25 derajat celcius. Asap kelabu tipis hingga tebal dengan tekanan lemah lebih kurang 300-500 meter ke arah timur, kemudian masih terdengar suara gemuruh dan dentuman sedang. "Status Gunung Raung masih Level III (siaga) dan belum ada peningkatan menjadi Level IV (Awas)," tegasnya.


Dengan status Siaga, PVMBG merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Raung dan pendaki tidak mendekati kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 3 kilometer dari pusat kawah aktif karena daerah itu batas aman.

 

sumber : http://www.republika.co.id




Produk Terkait dengan artikel PVMBG Pasang Alat Tiltmeter Data Logger di Gunung Raung


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji