• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Multifungsi UTM Membuat Kualitas Industri Membaik

Kamis, 28 Maret 2024

Universal Testing Machine (UTM) Merupakan sebuah mesin pengujian yang diciptakan untuk untuk menguji tegangan tarik dan kekuatan tekan suatu bahan atau material.


UTM memiliki banyak kegunaan dalam pengujian yang dilakukan diantaranya sebagai berikut :


- Uji Tarik(Tensile Strength) adalah suatu pengukuran terhadap bahan untuk mengetahui keuletan dan ketangguhan suatu bahan terhadap tegangan tertentu serta pertambahan Panjang yang dialami oleh bahan tersebut. Pada uji tarik (Tensile Test) kedua ujung benda uji dijepit, salah satu ujung dihubungkan dengan perangkat penegang. Regangan diterapkan melalui kepala silang yang digerakkan motor dan alongasi benda uji, dengan pergerakan relatif dari benda uji.

Beban yang diperlukan untuk mengasilkan regangan tersebut, ditentukan dari difleksi suatu balok atau proving ring, yang diukur dengan menggunakan metode hidrolik, optik atau elektro mekanik. Uji tarik merupakan salah satu pengujian untuk mengetahui sifat-sifat suatu bahan. Dengan menarik suatu bahan kita akan segera mengetahui bagaimana bahan ini bereaksi terhadap tenaga tarikan dan mengetahui sejauh mana material itu bertambah panjang. Alat eksperimen untuk uji tarik ini harus memiliki cengkeraman yang kuat dan kekakuan yang tinggi (highly stiff). Pengujian material yang bersifat fisis dan mekanik, suatu bahan atau material misalnya bahan polimer atau lainnya. Secara umum pengujian yang menggunakan Universal Testing Machine (UTM) adalah uji tarik (tensile test) dan uji tekan (compression test).

 

 

- Uji Tekanan adalah berbanding terbalik dengan uji tarik, uji ini adalah Menekan sebuah objek diantara dua piringan hingga mencapai batas maksimum objek tersebut rusak. pengukuran yang umum adalah maksimum gaya yang diberikan bertahan sebelum rusak (gaya tekan) atau beban pada perpindahan atau perpindahan pada beban

 

 

- Uji kelupasan adalah uji yang dimana menarik bagian 2 material yang saling melekat

 

 

- Uji kelenturan adalah sebuah tekanan yang diberikan pada objek yang dimana dua ujung sisi material terdapat penahan dan pada bagian tengah objek tidak terdapat penahan. kemudian bagian tengah dari objek ditekan hingga mencapai batas kerusakan dari objek tersebut. uji ini memperhitungkan seberapa lenturnya objek dan seberapa kakunya objek.

 

 

- Uji tusukan adalah uji pengamanan bagian melingkar dari bahan di sekitar perimeter.

 

 

Universal Testing Machine dapat digunakan dan biasa digunakan untuk menguji coba bahan dan material seperti Tali, Tali baja, Derek, Kabel Baja, Kawat Listrik, Anyaman, Pegas, Sling, Kabel, Tali nilon, Links, Rantai, Rantai baja, serta banyak bahan lainnya.


Untuk industri yang memakai universal testing machine adalah industri yang menggunakan produk yang berbahan karet, kayu, plastik, tekstil, metal, dan berbagai produk pada umumnya.


UTM merupakan alat uji bahan yang multifungsi dan dapat memberikan banyak manfaat dalam suatu pemilihan bahan uji





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji