• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Inilah Teknik Pengerjaan Dengan Alat Surface Roughness

Sabtu, 20 April 2024

Surface Roughness adalah komponen dari tekstur permukaan. Yang bersingkat dengan nama menjadi Roughness. Pada pengujian kekerasan permukaan ini, alat Surface Roughness dan benda uji yang digunakan berbentuk blok yang terbuat dari logam. Sebelum dilakukan pengukuran, benda uji dan alat ukur telah diatur dengan baik sehingga tidak terdapat kesalahan dalam pengukuran. Namun, dalam prakteknya sering juga diperlukan untuk mengetahui baik amplitudo dan frekuensi untuk memastikan bahwa permukaan itu cocok untuk suatu tujuan.

 

 

Langkah-langkah pengerjaan dengan alat Surface Roughness, yaitu:

  • Benda uji diletakkan pada meja yang datar.
  • Ujung dari dial indicator di set pada posisi stabil untuk melakukan pembacaan skala tekanan terhadap permukaan benda uji.
  • Tentukan seberapa panjang dari bagian benda ukur yang akan di uji kekerasan permukaannya, nantinya juga panjang inilah yang akan dilewati oleh dial indicator.
  • Apabila dial indicator telah melakukan pengukuran sepanjang jarak yang kita tentukan, nilai kekerasan permukaan akan tercatat, dan dapat terlihat dalam bentuk print out.

 

Ada beberapa bagian yang menggunakan alat penguji ini adalah dial indicator. Bagian dari alat-alat pengukur kekasaran ini, yaitu:

  • Dial inikator
  • Meja datar
  • Skala tekanan
  • Batang gerak
  • Display yang terintegrasi dengan printer.

 

Meskipun nilai Roughness tinggi sering tidak diinginkan, bisa sulit dan mahal untuk mengendalikan di bidang manufaktur. Penurunan Surface Roughness biasanya akan meningkatkan biaya manufaktur. Hal ini sering menghasilkan trade-off antara biaya pembuatan komponen dan kinerjanya dalam aplikasi. Surface Roughness ini juga mempunyai contoh yang diketahui permukaan, tetapi lebih umumnya permukaan profil dibuat profilometer yang dapat kontak (biasanya stylus berlian) atau optik (misalnya putih interferometer cahaya).





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji