• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Mengenal Tentang Data Logger Suhu

Selasa, 24 April 2018

Data Logger suhu adalah suatu alat elektronik yang berfungsi mencatat data suhu dan kelembaban dari waktu ke waktu secara continue. Beberapa data logger suhu menggunakan personal komputer dan software sebagai tempat menyimpan data dan menganalisis data. Data yang disimpan di harddisk dapat diakses kapanpun kita inginkan. Hal ini termasuk beberapa perangkat akuisisi data seperti plug-in board atau sistem komunikasi serial yang menggunakan computer sebagai sistem penyimpanan data real time.

 


Hampir semua pabrikan menganggap sebuah data logger adalah sebuah perangkat yang berdiri sendiri (stand alone device) yang dapat membaca berbagai macam tipe sinyal elektronika dan menyimpan data di dalam memori internal untuk kemudian di-download ke sebuah komputer. Logging data (data logging) adalah proses otomatis pengumpulan dan perekaman data dari sensor untuk tujuan pengarsipan atau tujuan analisis. Sensor digunakan untuk mengkonversi besaran fisik menjadi sinyal listrik yang dapat diukur secara otomatis dan akhirnya dikirimkan ke komputer atau mikroprosesor untuk pengolahan.

 


Pengertian lain dari data logger suhu (perekam data suhu) adalah sebuah alat elektronik yang mencatat data suhu dan kelembaban di suatu tempat dari waktu ke waktu. Atau secara singkat data logger suhu adalah alat untuk melakukan pemantauan suhu dan kelembaban udara di suatu daerah. Biasanya ukuran fisiknya kecil, bertenaga baterai, portabel, dan dilengkapi dengan mikroprosesor, memori internal untuk menyimpan data dan sensor. Beberapa data logger suhu diantarmukakan dengan komputer dan menggunakan software untuk mengaktifkan data logger suhu melihat dan menganalisis data yang terkumpul, sementara yang lain memiliki peralatan antarmuka sendiri (keypad dan LCD).

 


data logger suhu berbasis PC (PC-based data logger suhu). Biasanya PC, untuk mengumpulkan data suhu dan kelembaban udara dalam rangka menganalisis dan menampilkan hasilnya secara detail. Sistem data logger suhu juga dapat menyediakan fitur tambahan seperti perhitungan waktu proses pemantauan alarm dan kontrol. SCADA (supervisory control and data acquisition) merupakan evolusi lebih lanjut dari sistem data logger suhu berbasis komputer, dimana data disajikan dalam bentuk grafis sehingga operator dapat mengawasi perkembangan suhu di suatu daerah atau tempat.

 


Karena fleksibilitas dari data logger suhu berbasis computer ini, mereka sekarang digunakan dalam berbagai tempat seperti museum dan rumah kaca. Sistem data logger suhu memiliki skalabilitas yang tinggi dan setidaknya 8 input hingga ribuan. Peralatan dasar untuk pengukuran berbasis computer terdiri dari sensor untuk mendeteksi suhu dan juga kelembaban udara sekitar. Biasanya, sensor yang dipasang ke perangkat sinyal input-output yang pada gilirannya dihubungkan ke computer menggunakan port standar seperti RS232, Ethernet atau USB. Atau dipasang langsung ke bus komputer.

 


Salah satu keuntungan menggunakan data logger suhu adalah kemampuannya secara otomatis memonitor suhu dan kelembaban udara setiap 24 jam. Setelah diaktifkan, data logger suhu digunakan dan ditinggalkan untuk mengukur dan merekam suhu dan kelembaban udara selama periode pemantauan. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang kondisi lingkungan yang dipantau.
Sumber: akademik.pnj.ac.id




Produk Terkait dengan artikel Mengenal Tentang Data Logger Suhu


 


NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)