• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914
    0813 8742 8586

Seberapa cepat kecepatan angin? Ukur kecepatannya dengan Anemometer

Rabu, 23 Mei 2018

Anemometer

Pernah berfikir kalo angin itu bisa di cek kecepatannya atau tidak ? Sedangkan angin tidak berwujud dan hanya bisa dirasakan. Sebelum nya mari kita mengenal jenis Janis dan pengertian dari angin.


Angin adalah aliran udara dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah. Apabila dipanaskan, udara memuai. Ada banyak sekali macam macam angin yaitu Angin Darat dan Angin Laut, Angin Lembah dan Angin Gunung, Angin Fohn, serta Angin Muson. Dan angin yang paling terkenal di Indonesia ini adalah angin yang biasa di sebut dengan angin Puting Beliung. Angin ini sering terjadi di berbagai penjuru di Indonesia, angin ini memiliki kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Kebayang kan betapa cepatnya kecepatan angin Puting Beliung itu, kita saja menaiki kendaraan bermotor dengan kecepatan dibawah 50 km/jam saja sudah cepat sekali gimana dengan kecepatan yang segitu kuatnya. Pantas saja daerah yang dilanda angin ini banyak menyebabkan kerusakan rumah rumah, pohon tubang serta fasilitas umum lain nya.


Kembali ke topik awal, kok bisa angin itu di ukur keceptannya ? dengan menggunakan alat apa ? angin itu bisa di ukur kecepatan nya dengan menggunakan alat Anemometer. Pengertian Anemometer adalah sebuah alat pengukur kecepatan angin yang banyak dipakai dalam bidang Meteorologi dan Geofisika atau stasiun prakiraan cuaca. Nama alat ini berasal dari kata Yunani anemos yang berarti angin. Perancang pertama dari alat ini adalah Leon Battista Alberti pada tahun 1450. Selain mengukur kecepatan angin, alat ini juga dapat mengukur besarnya tekanan angin itu.


Kegunaan Anemometer yaitu sebagai perangkat atau alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin. Dengan anemometer kita dapat memperkirakaan cuaca pada hari itu. Selain itu anemometer juga dapat difungsikan sebagai alat pendeteksi cuaca buruk seperi angin topan ataupun badai. Pada dasarnya anemometer adalah alat untuk mengukur kecepatan udara atau kecepatan gas dalam femonema terjadinya hembusan angin, contohnya untuk mengukur aliran udara di dalam saluran, atau juga pengukuran arus terbatasi, seperti angin atmosfer. Untuk menentukan kecepatan, anemometer mendeteksi perubahan di beberapa sifat fisik dari fluida atau efek fluida pada alat mekanis dimasukkan ke dalam aliran.


Anemometer dibedakan menjadi dua yaitu untuk mengukur kecepatan angin dan tekanan angin. Tetapi karena keduanya memiliki hubungan yang sama, maka anemometer dirancang untuk memberikan informasi tentang keduanya.


Secara umum nya Anemometer ini juga memiliki 2 jenis, dari kedua tipe Anemometer ini velocity anemometer lebih banyak digunakan, tetapi karena keduanya mempunyai hubungan yang sama, maka Anemometer dirancang untuk memberikan informasi tentang kedua nya. Yaitu:
• Velocity Anemometers
- Cup Anemometers
- Windmill Anemometers
- Hot–wire Anemometers
- Lasser Dopller Anemometers
- Sonic Anemometers
- Acoustic Resonance Anemometers
- Ping Pong Ball Anemometers
• Pressure Anemometers
- Plate Anemometers
- Tube Anemometers


Selain dapat mengukur kecepatan angin ada Fungsi Anemometer yang lainnya yaitu:
- Mengukur kecepatan angin
- Memperkirakan cuaca
- Memperkirakan tinggi gelombang laut
- Memperkirakan kecepatan dan arah arus.

 





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)