• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Ketebalan mempengaruhi kualitas, ukur sekarang dengan Ultrasonic Thickness Gauge

Senin, 26 Februari 2018
Ultrasonic Thickness Gauge ( Alat Ukur Ketebalan )

Ultrasonic Thickness Gauge adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur seberapa tebalkah suatu benda/material.
Kemudahan menggunakan alat ukur ketebalan ini memberikan durability dan efektifitas karena beberapa tipe bersifat portable sehingga memberikan efisiensi waktu dan praktis dalam mengaplikasikannya.


Beberapa metode penggunaan pengukuran ketebalan dalam aplikasinya terdapat beberapa cara diantaranya yaitu, dengan alat ukur portable ini hanya meletakan perangkatnya ke media ukur maka data yang diinginkan dapat tampil, namun ada juga yang menggunakan dengan alat pendeteksi suara atau ultrasonic.


Pada Alat Ukur Ketebalan yang menggunakan menggunakan metode pendeteksi suara atau ultrasonic. dimana Alat ini terdiri daritransmitter, receiver gelombang ultrasonik dan up counter Transmitter dilengkapi dengan trasnduser ultrasonik pemancar khusus medium padat dan receiver sama dengan tranduser.
Gelombang ultrasonik yang dupancarkan rangkaian transmitter menembus permukaan benda dan dipantulkan kembali ke rangkaianreceiver. Waktu tempuh menjalani gelombang ini diukur dengan menggunakan up-counter menggunakan metoda time of flight.

Prinsip Pengukuran Alat Ukur Ketebalan Ultrasonik Thickness Gauge
Alat pengukur ketebalan ultrasonic digital menentukan ketebalan bagian atau struktur secara akurat menghitung waktu yang dibutuhkan oleh ultrasonik kecil yang dihasilkan oleh transduser (penyelidikan) untuk melewati ketebalan material, tercermin dari permukaan yang berlawanan dan kembali ke transduser .


Waktu yang dibutuhkan oleh dorongan untuk melewati materi dan kembali dibagi dua dan dikalikan dengan kecepatan USG dalam bahan tertentu.

Hasilnya ditentukan dengan rumus:
H = (v x t) / 2
di mana:
H = ketebalan material diukur
v = kecepatan propagasi dari USG dalam spesifikasi material
t = waktu yang dihabiskan oleh pulsa melalui materi (pergi dan kembali)
Kegunaan dan Manfaat Ultrasonic Thickness Gauge
Ada beberapa Industri membutuhkan UltrasoniscThickness untuk mengukur ketebalan, baik lapisan maupun ketebalan material.
Sebagai Contoh Pengujian ketebalan, Pengujian Ultrasonic membawa manfaat yang berbeda untuk industri kayu. Furniture, lantai, dan produsen alat musik sering menerapkan beberapa lapis pernis atau bahan finishing serupa. Beberapa proses memerlukan kemampuan untuk mengidentifikasi ketebalan lapisan individu atau serangkaian lapisan. Bila diterapkan pada ketebalan yang salah, lapisan coating yang mempercantik dan melindungi gitar berkualitas tinggi, misalnya, dengan mudah dapat mengurangi dari suaranya. Coating Terlalu banyak bisa mengurangi resonansi akustik gitar, terlalu sedikit dapat memiliki efek sebaliknya.


produsen instrumen musik sekarang menggunakan Ultrasonic Thickness gauge untuk mengukur pernis secara akurat dan non-destruktif pada produk mereka. Sebagai akibat penggunaan teknologi baru ini mereka tidak hanya mengalami penurunan penggunaan pernis mereka, tetapi mereka mampu melakukan pengukuran berarti tanpa terlalu mengganggu proses produksi mereka. Tidak ada perlu memo produk untuk mengukur ketebalan lapisan, dan ketebalan atas seluruh permukaan dapat dengan mudah diukur untuk memastikan kehalusan bahkan lapisan.Pengerjaan ulang diminimalkan karena adanya peningkatan kemampuan untuk mengontrol proses pelapisan.





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)