• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Charpy Impact Testing Sebagai Alat Uji Bahan

Kamis, 28 Maret 2024

Charpy Impact Testing adalah alat yang digunakaan dalam menguji seberapa tinggi standar regangan-tingkat tes bertujuan untuk menentukan jumlah energi yang diserap oleh material selama fraktur. Energi yang diserap adalah ukuran ketangguhan Benturan bahan tertentu dan bertindak sebagai alat untuk belajar bergantung pada suhu transisi. Hal ini banyak digunakan pada industri, karena mudah untuk mempersiapkan dan melakukan hasil yang dapat diperoleh dengan cepat dan canggih. Bahan produk ini adalah peralatan yang ideal untuk pusat kontrol kualitas, bidang teknik perguruan tinggi dan lembaga penelitian.

 

Charpy Impact Testing , juga dikenal sebagai tes V-notch Charpy, adalah tinggi standar regangan-tingkat tes yang menentukan jumlah energi yang diserap oleh material selama fraktur. Ini energi yang diserap adalah ukuran ketangguhan takik bahan tertentu dan bertindak sebagai alat untuk belajar bergantung pada suhu transisi. Hal ini banyak digunakan pada industri, karena mudah untuk mempersiapkan dan melakukan hasil yang dapat diperoleh dengan cepat dan canggih. Bahan produk ini adalah peralatan yang ideal untuk pusat kontrol kualitas, bidang teknik perguruan tinggi dan lembaga penelitian.



Impact Testing Machine digunakan di Amerika dan masih banyak negara yang lain menggunakan produk ini termasuk Indonesia. Kerugiannya adalah beberapa hasil hanya perbandingan. Tes ini dikembangkan sekitar tahun 1900 oleh SB Russell (1898, Amerika) dan G. Charpy (1901, Perancis). Tes dikenal sebagai tes Charpy pada awal 1900-an karena kontribusi teknis dan upaya standarisasi oleh Georges Charpy. Tes ini penting dalam memahami masalah fraktur kapal. Hari ini digunakan di banyak industri untuk pengujian bahan, misalnya pembangunan kapal tekanan dan jembatan untuk menentukan bagaimana badai akan mempengaruhi bahan yang digunakan.

 

Ukuran sampel juga dapat mempengaruhi hasil, karena dimensi menentukan apakah atau tidak bahan tersebut dalam plane strain. Perbedaan ini bisa sangat mempengaruhi kesimpulan yang dibuat. "Metode standar untuk berkumai Bar Dampak Pengujian logam Bahan" dapat ditemukan dalam ASTM E23, ISO 148-1 atau EN 10045-1, di mana semua aspek pengujian dan peralatan yang digunakan dijelaskan secara rinci.

 

Hasil kuantitatif dari dampak impact testing yang dibutuhkan untuk fraktur material dan dapat digunakan untuk mengukur ketangguhan material. Ada hubungan dengan kekuatan luluh tetapi tidak dapat dinyatakan dengan formula standar. Namun, tingkat regangan dapat dipelajari dan dianalisis untuk efek pada fraktur. Suhu transisi ulet-getas (DBTT) mungkin berasal dari suhu di mana energi yang dibutuhkan untuk fraktur materi drastis berubah. Sebuah DBTT tepat dapat diperoleh secara empiris dalam banyak cara: spesifik diserap energi, perubahan aspek fraktur (seperti 50% dari daerah pembelahan), dll.


Hasil kualitatif impact testing dapat digunakan untuk menentukan daktilitas material. Jika istirahat materi pada bidang datar, fraktur itu rapuh, dan jika istirahat bahan dengan tepi bergerigi atau bibir geser, maka fraktur adalah ulet. Biasanya bahan tidak pecah hanya dalam satu cara atau yang lain, dan dengan demikian membandingkan bergerigi ke daerah permukaan datar fraktur akan memberikan perkiraan persentase ulet dan patah getas.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji