• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Alat Hardness Tester Untuk Uji Kekerasan Obat Tablet

Selasa, 23 April 2024

Dalam dunia farmasi, kebanyakan obat dibuat dalam bentuk tablet. Setelah diproduksi, tablet akan didistribusikan ke berbagai tempat. Maka dari itu, tablet harus memiliki struktur yang kuat agar saat pengiriman tidak mudah rusak atau hancur. Dibutuhkan uji kekerasan tablet ketika selesai diproduksi, hal ini bertujuan agar tablet tetap utuh selama pengiriman.

 

Untuk uji kekerasan tablet ini menggunakan alat atau instrument yang bernama hardness tester. Alat ini berguna untuk menentukan tingkat kekerasan dan ketahanan tablet terhadap tekanan yang diterima selama perjalanan distribusi. Selain itu, dengan alat ini juga akan diketahui standart kekerasan yang diterima pada tablet hingga menjadi retak.

 

Kekerasan tablet dipengaruhi oleh struktur bahan yang digunakan dan tekanan kompresi. Selain penekanan dari luar, kekerasan tablet juga dipengaruhi oleh waktu. Artrinya, semakin lama tablet didiamkan maka tingkat kekerasannya akan semakin berkurang.

 

Alat hardness tester yang digunakan untuk pengujian ini yaitu Pfizer tester, monsantor tester, dan strong cobb hardness tester.Untuk Pfizer tester dan Monsanto tester merupakan jenis alat yang dioperasikan secara manual. Untuk Pfizer tester cara menggunakannya dengan cara memutar bagian knop spiralnya hingga bagian bebannya menekan tablet sampai hancur.

 

Sedangkan untuk Monsanto Tester memiliki bentuk seperti gunting atau tang dan penunjuk nilai pengukurannya masih berbentuk analog berupa jarum penunjuk ukuran. Cara menggunakannya, tablet diletakkan pada bagian plate tengah alat, kemudian alat ditekan dan paramaeter pengukuran bisa dilihat pada jarum penunjuknya.

 

Strong Cobb hardness tester merupakan alat uji kekerasan yang paling sering digunakan karena mudah digunakan. Selain itu, nilai pengukuran hasil ujinya berbentuk analog dan digital. Hardness tester jenis ini ada yang manual dan ada juga yang otomatis. Perbedaannya, jika yang manual menggunakan tuas sedangkan yang otomatis menggunakan tombol untuk penekanannya.

 

Alat pengujian hardness tester memiliki peran yang sangat penting dalam dunia farmasi, selain untuk menentukan nilai kekerasan, juga dapat digunakan untuk standarisasi pembuatan tablet. Kebanyakan industri farmasi hardness tester menggunakan jenis Strong Cobb.

 

 

Alat Uji Indonesia sebagai penyedia alat atau instrument teknik di Indonesia, menjual hardness tester jenis Strong Cobb dengan kualitas terbaik. Jika anda berminat, silakan hubungi staff atau tim kami melalui fitur chatting yang ada di pojok bawah website ini, atau bisa juga hubungi nomor telpon yang tertera di website ini.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji