• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Menganalisa Struktur Baja Menggunakan Universal Testing Machine

Jum'at, 19 April 2024

Kekuatan struktur desain suatu material atau bahan sangat dipengaruhi oleh sifat bahan tersebut. Untuk mengetahui sifat dari suatu bahan, diperlukan sebuah kegiatan pengujian. Ada empat jenis pengujian bahan yang umum dilakukan, diantaranya uji tarik, uji tekan, uji torsi dan uji geser.

 

Dari keempat jenis pengujian, uji tarik adalah cara pengujian yang cukup sederhana untuk dilakukan. Dengan menarik suatu bahan untuk mengetahui bahan tersebut bereaksi terhadap tarikan sampai sejauh mana material bertambah panjang. Pada umumnya pengujian ini menggunakan mesin uji tarik.

 

Salah satu contoh material yang sering digunakan oleh pembuat struktur bangunan dan produk yaitu baja. di dunia sipil, baja sering diaplikasikan sebagai rangka dari struktur jembatan, bangunan pabrik, gedung pencakar langit dan beberapa konstruksi lain.

 

Di bidang pengolahan oli dan gas, baja digunakan sebagai bahan untuk jalur pipa dan tabung untuk mengalirkan dan menampung olahan oli atau gas yang terproses. Bahan baja terbuat dari bahan paduan logam dengan besi sebagai unsure utama dan memiliki beberapa campuran unsur lainnya seperti karbon. Presentase dan perbandingan beberapa campuran unsur sangat berpengaruh pada kekuatan baja yang telah tercetak.

 

Sebelum bahan diaplikasikan, perlu adanya pengujian sederhana uji tarik untuk menentukan respon material pada saat diberi beban atau deformasi luar yang dapat menyebabkan perubahan struktur dari campuran beberapa unsur baja.

 

Dalam prosesnya, dibutuhkan sebuah mesin uji tarik sebagai media untuk menghitung kekuatan tarik dari baja. Pengujian ini memiliki prinsip bahwa sampel benda dengan ukuran dan bentuk tertentu akan diberi gaya tarik kedua ujung sumbu material oleh dua penjepit pada setiap ujungnya secara kontinyu sampai material mengalami kerusakan atau putus.

 

Bersamaan dengan itu dilakukan pengamatan mengenai perpanjangan yang dialami benda uji. Semua pengamatan dilakukan secara manual dengan hitungan jika menggunakan mesin uji tarik konvensional.

 

Semakin berkembangnya teknologi, kini tersedia mesin uji tarik yang menggunakan sistem kontrol dan komputisasi yang disebut UTM (Universal Testing Machine). Mesin uji modern sangat universal yang dapat digunakan untuk uji tarik dan uji tekan.

 

Pada dua penjepit material telah terpasang sensor yang terhubung oleh kontroler dan komputer untuk mengetahui nilai kekuatan tarik/tekan dengan data yang terakuisisi ke sebuah tabel dan grafik. Mesin ini sudah dilengkapi software yang bisa siap pakai untuk pengamatan dan perhitungan dari kedua jenis pengujian.

 

Alat Uji sebagai perusahaan penyedia produk pengujian (testing) menjual mesin uji tarik (Universal Testing Machine) dengan kualitas terbaik. Untuk melakukan pemesanan silakan hubungi staf kami melalui fitur chating yang ada di pojok kanan bawah website ini atau menghubungi langsung nomor telpon yang tertera di website ini.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji