• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Cara Menggunakan Alat Universal Testing Machine Dengan Mudah

Jum'at, 19 April 2024

Ada banyak sekali perusahaan yang bergerak dibidang industri seperti karet, besi, logam, dan baja, yang pastinya membutuhkan pengujian terhadap material tersebut untuk mengetahui spesifikasi bahan atau material yang akan dipasarkan, untuk mempermudah proses pengujian tersebut dibutuhkan sebuah alat pengujian yang bernama Universal Testing Machine.

 

Universal Testing Machine (UTM) adalah alat pengujian yang berfungsi untuk menguji tegangan tarik dan kekuatan tekan bahan atau material. Universal Testing Machine, Mesin pengujian ini telah terbukti bahwa ia dapat melakukan tarik banyak standar dan tes kompresi pada bahan, komponen, dan struktur.

 

Setiap material atau objek yang terdapat dalam suatu industri harus melewati proses pengujian terlebih dahulu , karena proses pengujian dapat membantu industri untuk mengetahui sejauh mana kualitas dari objek atau material tersebut . Biasanya, pengujian ini menggunakan alat yang disebut Universal Testing Machine.

 

Universal Testing Machine ini terbagi menjadi 2 metode yaitu , Uji tekan dan Uji tarik .Dalam pengujian ini, material yang bisa dipakai hanyalah material yang padat saja . Ukuran dari alat ini bervariatif , karena bisa disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan ataupun tempat yang tersedia . Sesuai dengan metode pengujiannya. Alat ini melakukan penekanan dan tarikan pada material yang akan diuji , kemudian data analysis dari hasil pengujian itu akan muncul di monitor Universal Testing Machine .

Paremeter yang didapatkan dari proses ini adalah , kekuatan dari material ,modulus elastisitas , kekuatan putus ,kekuatan maksimum , regangan putus , regangan di titik maksimum .

 

 Jual Universal Testing Machine Murah

 

Cara Menggunakan Universal Testing Machine

 

Seperti yang sudah disebutkan di atas , metode Universal Testing Machine dibagi 2 yaitu :

Uji tarik (Tensile Test)

Biasanya material yang dipakai pada metode ini adalah material yang mempunyai ukuran yang panjang . Cara menggunakannya adalah meletakkan material yang akan diuji tepat pada bagian atas UTM tepatnya di bawah top plate . Kemudian material tersebut dikunci dengan cara memutar bagian handwheel hingga bisa dipastikan bahwa kuncian itu tidak akan terlepas . Setelah itu kita bisa menyalakan Universal Testing Machine .

 

Pada prinsipnya cara kerja metode ini adalah Universal Testing Machine akan menarik material yang diuji hingga putus . Setealah itu parameter akan menampilkan nilai atau data maksimal kekuatan pada material tersebut . Selain itu juga anda bisa mengetahui perbandingan panjang objek sebelum dan setelah proses dilakukan .

 

Uji Tekan (Press Test)

Dalam metode ini anda menggunakan material yang memiliki volume yang tebal . Cara menggunakannya material tersebut diletakan pada bagian lower plate pada mesin , kemudian UTM akan memberi gaya tekan pada material tersebut . Setelah material ditekan , parameter data pada monitor akan menampilkan hasil dari proses pengujian tersebut . Dan anda dapat membandingkan material dari sebelum dan sesudah diuji .

 

Alatuji.com melayani penjualan dan custom Universal Testing Machine sesuai dengan permintaan dan kebutuhan anda. Produk UTM yang dijual di alatuji.com adalah yang paling banyak dicari diberbagai industri, karena kami menjual dengan berbagai ?Merk ?Kompetitif Harga ?Spesifikasi ?Produk Berkualitas ?Bergaransi.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji