• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0816 1740 8927
    0812 1470 6170
    0888 6129 511
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
    0878 7867 0721
  • 0813 1066 1358
    0852 1117 4591
    0813 8742 8586

Takaran Ukur Cuaca

Rabu, 18 Juli 2018

Dalam kehidupan sehari hari, cuaca adalah hal yang selalu menemani kita dimanapun kita berada. silih berganti sesai dengan bulannya, seiring berganti sesuai dengan kondisinya, dan silih berganti sesuai dengan dampaknya. namun perubahan cuaca yang tidak menentu yang bergerak begitu cepat kerap kali menyebabkan dampak yang tentunya negatif bagi tubuh kita. bahkan bisa menyebabkan suatu penyakit yang bersarang ditubuh kita. Cuaca berganti dan datangbegitu cepatnya, kita tidak bisa memastikan kapan cuaca tersebut berganti, tetapi cuaca tersebut dapat kita ukur dengan alat pengukur cuaca

 

Seperti alat ukur yang lainnya, Alat ukur cuaca adalah suatu alat yang hebat yang bisa mengukur tinggi rendahnya suatu cuaca atau iklim dan mengetahui kondisi cuaca, curah hujan serta kecepatan angin untuk di suatu daerah. Alat ini sangat bermanfaat untuk menentukan cuaca di suatu wilayah yang kita huni atau tempati. 

 

Alat pengukur cuaca dapat melakukan pengamatan cuaca secara manual dan otomatis. Pengamatan manual setidaknya dilakukan satu hari sekali untuk melaporkan keadaan cuaca hari tersebut, sedangkan pengamatan otomatis dapat dilakukan satu jam sekali untuk melihat perubahan kondisi cuaca suatu tempat atau wilayah

 

Ada berbagai macam alat ukur cuaca :

  1. MAWS (Monitoring Automatic Weather Station)
  2.  Radiosonde
  3. Anemometer untuk mengukur kecepatan angin
  4. Barometer untuk mengukur tekanan udara
  5. Alat untuk mengukur jumlah curah hujan
  6. Higrometer untuk mengukur kelembaban udara
  7. Termometer
  8. Campbell Stokes
  9. Hobo Data Logger

pengertian barometer dalam wikipedia adalah alat untuk mengukur tekanan udara, Dan dari berbagai alat ukur cuaca diatas memiliki fungsi dan kegunaan yang yang berbeda-beda dari yang memiliki fungsi alat pengukur suhu udara,alat pengukur kelembaban (termasuk kelembaban udara), alat pengukur tekanan udara(kegunaan Barometer), alat ukur angin dan juga ditanamkan alat pengukur suhu yang semuanya  dari alat alat pengukuran itu disatukan dalam alat pengukur cuaca atau bisa disebut dengan weather station

 

weather station

 

Di era saat ini, bukan hal yang mustahil jika ada trobosan trobosan alat ukur baru seperti weather station atau alat uji cuaca yang semakin memudahkan pekerjaan manusia dalam hal menentukan cuaca dan mengukurnya secara akuran dan tentunya sudah diperkirakan dengan matang oleh alat tersebut. alat uji cuaca kini juga sudah dilengkapi dengan mesin yang canggih sehingga bisa menjanjikan para konsumennya.




Produk Terkait dengan artikel Takaran Ukur Cuaca


 


NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)