• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0816 1740 8927
    0812 1470 6170
    0888 6129 511
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
    0878 7867 0721
  • 0813 1066 1358
    0852 1117 4591
    0813 8742 8586

Alat Uji Getaran

Kamis, 16 Agustus 2018

Gempa bumi adalah getaran atau getar getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang di alami selama periode waktu. Alat ukur getaran gempa bumi adalah Seismometer, dan Seismograf adalah alat untuk mencatat dan mengukur kekuatan gempa.

 

Berbicara fenomena gempa bumi, bencana alam yang satu ini sangat banyak menewaskan umat manusia. skala richter yang tinggi dapat menyebabkan getaran yang dahsyat. berbicara mengenai getaran, mari kita bahas apa itu pengertian getaran, dan gempa bumi termasuk getaran yang amat besar tentunya.

 

Getaran adalah peristiwa gerak bolak-balik sebuah benda terhadap suatu titik keseimbangan. Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal kata getaran, seperti getaran bumi pada saat terjadi gempa bumi, getaran tubuh saat menggigil kedinginan, dan sebagainya. Contoh getaran sederhana di antaranya: getaran beban yang digantung pada ujung pegas, getaran senar gitar pada saat dipetik, getaran pada bandul sederhana, getaran atom pada zat padat, dan sebagainya.

 

Dalam kehidupan sehari-hari, kita kerap kali merasakan getaran getaran seperti ketika menancapkan palu di dinding, menggoyangkan meja makan, menyenggol gelas yang berisi alir sehingga terlihat air yang bergentar dan namppak tidak tenang.selain dalam kehidupan sehari-hari, getaran juga menyapa di lingkungan industri. Getaran biasanya oleh para pekerja-pekerja yang menggunakan alat yang difungsikan dengan menggunakan motor yaitu gergaji mesin, pemotong rumput, pengebor industri dll.

 

Getaran dapat berdampak buruk hingga menyebabkan kelainan pada sistem syaraf dan peredaran darah dan kerusakan pada persendian dan tulang. sehingga getaran bisa dikatakan sesuatu yang berbahaya, tapi juga dilakukannya berlebihan. lalu bagaimana kita melakukan atau memakai getaran yang pas dalam membantu pekerjaan manusia ? bagaimana menakar atau mengukur getaran yang sesuai ? solusinya adalah vibration meter. sebelum membahas vibration Tester, mari kita memahami apa itu alat penguji getaran

 

Alat Uji Getaran adalah perangkat alat yang dipakai untuk mengukur gerakan bolak-balik dari komponen mekanik  sensor getar dari suatu mesin sebagai reaksi dari adanya gaya dalam (gaya yang dihasilkan oleh mesin tersebut) maupun gaya luar (gaya yang berasal dari luar atau sekitar mesin).

Alat Uji getaran di alatuji.com merupakan salah satu produk untuk mengukur suatu nilai getar, dimana getaran yang terjadi akan di eksekusi dalam bentuk data di alat tersebut.
sehingga dapat di ketahui jumlah data yang telah dicapai sampai objek yang di uji menca pai batas pengujian. guna menentukan standarisasi yang diinginkan.

Alat Uji getaran ini terbagi menjadi dua jenis yaitu :

  • Sensor Getaran, Secara konsep, sensor getaran memiliki fungsi untuk mengubah besar signal getaran fisik menjadi signal getaran analog yang terukur dalam besaran listrik dan pada umumnya berbentuk tegangan listrik.
  • Dinamic Signal Analizer (DSA), adalah getaran mesin dalam kombinasi kompleks dari signal yang berasal dari berbagai sumber getaran yang berada didalam mesin.

 

Vibration Tester TIME 7240

 

Dan alat pengukur getarannya adalah Vibration Meter merupakan alat pengukur getaran yang digunakan pada alat/mesin yang mempunyai getaran pada penggunaannya. Dengan pengukuran vibration Meter ini, akan didapatkan hasil yang akan dibandingkan dengan nilai ambang batas yang telah ditentukan oleh Keputusan Menteri Tenaga Kerja.

 

Tentunya dengan pengukuran vibration Meter ini, para pelaku industri dapat mencegah atau menghindari para pekerjanya mendapat bahaya getaran yang parah. Cara yang dapat dilakukan adalah  pengukuran getaran dengan vibration meter lalu disesuaikan dengan nilai ambang batas getaran yang telah ditentukan.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)