• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Uranium Sebagai Pembangkit Listrik

Jum'at, 19 April 2024

Uranium merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92. Ia merupakan logam putih keperakan yang termasuk dalam deret aktinida di dalam tabel periodik. Uranium memiliki 92 proton dan 92 elektron, dengan elektron valensi 6. Inti uranium mengikat sebanyak 141 sampai dengan 146 neutron, sehingganya terdapat 6 isotop uranium. Isotop yang paling umum adalah uranium-238 (146 neutron) dan uranium-235 (143 neutron).

 

Semua isotop uranium tidak stabil dan bersifat radioaktif lemah. Uranium memiliki bobot atom terberat kedua (setelah plutonium) di antara semua unsur-unsur kimia yang dapat ditemukan secara alami. Massa jenis uranium kira-kira 70% lebih besar daripada timbal, namun tidaklah sepadat emas ataupun tungsten. Uranium dapat ditemukan secara alami dalam konsentrasi rendah (beberapa bagian per juta (ppm)) dalam tanah, bebatuan, dan air.

 

Uranium yang dapat dijumpai secara alami adalah uranium-238 (99,2739–99,2752%), uranium-235 (0,7198–0,7202%), dan sekelumit uranium-234 (0,0050–0,0059%). Uranium meluruh secara lambat dengan memancarkan partikel alfa. Umur paruh uranium-238 adalah sekitar 4,47 milyar tahun, sedangkan untuk uranium-235 adalah 704 juta tahun. Oleh sebab itu, uranium dapat digunakan untuk penentuan umur Bumi.

Selain difungsikan sebagai alat penentu umur bumi, uranium juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir. Saat fisi nuklir digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Anda akan terkejut bahwa satu pon Uranium menghasilkan energi setara dengan yang didapatkan dari  tiga juta pon pembakaran batu bara Oleh karena itu, Uranium-235 isotop digunakan dalam reaktor nuklir untuk produksi energi listrik. Energi yang dihasilkan dalam reaktor nuklir digunakan untuk memanaskan air untuk membuat uap. Uap ini berfungsi untuk menjalankan turbin sehingga menghasilkan listrik

 

Pembangkit listrik adalah bagian dari alat industri yang dipakai untuk memproduksi dan membangkitkan tenaga listrik dari berbagai sumber tenaga, seperti PLTU, PLTN, PLTA, PLTS, PLTSa, dan lain-lain. Bagian utama dari pembangkit listrik ini adalah generator, yakni mesin berputar yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip medan magnet dan penghantar listrik.

 

Mesin generator ini diaktifkan dengan menggunakan berbagai sumber energi yang sangat bemanfaat dalam suatu pembangkit listrik. dan uranium pun bisa digunakan sebagai pembangkit listrik juga. Dari pembangkit listrik tersebut dialirkannya merata keseluruh pengguna energi listrik. namun apakah listrik yang diterima tersebut sudah optimal ? lalu bagaimana kita mengecek listrik kita apakah optimal tegangannya atau tidak sama sekali memiliki tegangan ?

 

Alat uji Kelistrikan atau yang biasa disebut Electrical test equipment adalah suatu perangkat pendeteksi adanya muatan-muatan listrik atau adanya aliran elektron dari tegangan tinggi ke tegangan yang rendah. Contohnya adalah multimeter dimana alat ini untuk mengukur tegangan (AC&DC) serta resistansi. Dan selain itu juga menentukan frekuensi tegangan dan arus.

 

Sebagai Produk Pengujian Alat ini harus mendapat sertifikasi Standar Mutu Sehingga Pengujian dengan Produk ini dapat menghasilkan Data yang akurat dan spesifik, Dengan Dilengkapi Feature dan Spesifikasi Teknik  yang menarik Produk ini dapat mempermudah Pengguna Dalam Menggunakan Produk ini dan menguji alat secara akurat.

 

Voltage Tester

 

Voltage Tester

Voltage tester ini digunakan untuk mengatahui apakah ada atau tidak tegangan pada sumber listrik atau peralatan listrik yang kita gunakan. alat uji ini sendiri begitu mudah digunakan. 

voltage tester juga memiliki display LCD untuk menampilkan data tegangan yang terukur. Jika test penhanya bisa mendeteksi tegangan pada sumber yang diuji, alat uji ini memiliki begitu banyak fungsi dan kegunaan antara lain :

 
•    Mendeteksi ada atau tidaknya tegangan pada sumber yang di uji.
•    Dapat menguji tegangan AC dan DC.
•    Memiliki display LCD yang akan menampilkan data nilai tegangan yang diuji.
•    Dapat menguji tegangan AC atau DC yang tinggi
•    Dapat menguji tegangan AC atau DC yang rendah

 




Produk Terkait dengan artikel Uranium Sebagai Pembangkit Listrik


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji