• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Sekilas Tentang Data Acquisition System (DAQ)

Selasa, 23 April 2024

Data Acquisition System (DAQ) adalah produk dan / atau proses yang digunakan untuk mengumpulkan informasi untuk dokumen atau menganalisis beberapa fenomena. Dalam sederhana bentuk, seorang teknisi penebangan suhu oven di selembar kertas adalah melakukan akuisisi data. Sebagai teknologi telah berkembang, jenis proses Data Acquisition System telah disederhanakan dan dibuat lebih akurat, serbaguna, dan dapat diandalkan melalui elektronik peralatan.

 
Peralatan berkisar dari sederhana untuk perekam canggih sistem komputer. Data akuisisi produk melayani sebagai titik fokus dalam sistem, mengikat bersama-sama lebar berbagai produk, seperti sensor yang mengindikasikan temperatur, aliran, tingkat, atau tekanan. Perekam dan dataloggers adalah produk yang digunakan dengan sensor untuk dokumen informasi yang berkaitan dengan proses.


Perekam biasanya memiliki pena yang mengalihkan sebagai persentase dari rentang masukan, sementara kertas bergerak bawahnya pada kecepatan didefinisikan dalam kaitannya dengan waktu. Output perekam merupakan tren yang mudah dibaca, line terus menerus. Dataloggers biasanya mencetak sebenarnya nilai input dengan waktu cap. Keuntungan dari datalogger meliputi kertas kurang penggunaan resolusi, lebih tinggi dari membaca, dan lebih sedikit kesempatan untuk salah tafsir dari data.

Hibrida perekam adalah instrumen yang memiliki kedua rekaman tren dan datalogging kemampuan. Beberapa dari unit juga termasuk fitur seperti sebagai perhitungan matematika dan komunikasi kemampuan untuk mentransfer data ke komputer host untuk lebih lanjut analisis. Komputer, yang telah menjadi begitu umum sepanjang hidup kita, telah menjadi komponen utama dalam akuisisi data.


Tergantung pada keterampilan tingkat pengguna dan produk, komputer dapat mengambil beberapa peran yang berbeda. Dua cara untuk mengklasifikasikan yang berkaitan dengan komputer akuisisi data produk adalah mereka yang "plug-in" langsung ke komputer, dan mereka bahwa "berdiri sendiri" dan interface ke komputer melalui komunikasi pelabuhan. Dalam kedua komputer, situasi perangkat lunak selalu diperlukan untuk menginstruksikan komputer tentang cara menangani data.


Komunikasi Berbasis Data akuisisi produk, yang antarmuka dengan komputer melalui komunikasi port, dapat berkisar dari dataloggers untuk cerdas terpencil sistem kontrol. Yang paling umum komunikasi antarmuka untuk pendek jarak adalah RS-232. RS-232 mendefinisikan komunikasi serial untuk satu perangkat ke satu komputer port komunikasi, dengan kecepatan hingga untuk 115 K baud (bit per detik). Biasanya 7 atau 8 bit (on / off sinyal) adalah ditransmisikan untuk mewakili karakter atau digit.



Kode ASCII menyediakan definisi standar yang memungkinkan karakter alfanumerik menjadi diwakili oleh string bit. Lain komunikasi serial interface includeRS-422 dan RS-485. Keduanya menyediakan kemampuan untuk berkomunikasi lagi jarak dengan beberapa unit pada line. Dua umum paralel komunikasi interface adalah Centronic dan IEEE- 488.


Paralel interface berkomunikasi data pukul 8 atau lebih bit pada satu waktu. Itu Centronic antarmuka paralel umum antarmuka yang digunakan untuk menghubungkan printer ke komputer. IEEE- 488 antarmuka (juga kadang-kadang dikenal sebagai GPIB atau HPIB) menyediakan kecepatan tinggi paralel interface untuk hingga 15 perangkat. Plug-In data komputer akuisisi kartu konektor langsung ke komputer bus dalam komputer kasus. Keuntungan menggunakan kartu adalah kecepatan (karena mereka adalah terhubung langsung ke bus) dan biaya (karena overhead dari kemasan dan daya yang disediakan oleh komputer).

 

 

sumber : omega.com




Produk Terkait dengan artikel Sekilas Tentang Data Acquisition System (DAQ)


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji