• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Pulp And Paper

Jum'at, 29 Maret 2024

Pulp adalah hasil pemisah serat dari bahan baku berserat (kayumaupun non kayu) melalui berbagai proses pembuatannya ( mekanis, semikimia, kimia). Pulp terdiri dari serat - serat (selulosa dan hemiselulosa) sebagai bahan baku kertas. proses pembuatan pulp dilakukan dengan proses mekanis, kima, dan semi kimia.  Prinsip pembuatan pulp secara mekanis yakni dengan pengikisan dengan menggunakan alat seperti gerinda.

 

Proses mekanis yang biasa dikenal diantaranya PGW (Pine Groundwood), SGW (Semi Groundwood). Proses semi kimia merupakan kombinasi antara mekanis dan kimia. Yang termasuk ke dalam proses ini diantaranya CTMP (Chemi Thermo Mechanical Pulping) dengan memanfaatkan suhu untuk mendegradasi lignin sehingga diperoleh pulp yang memiliki rendemen yang lebih rendah dengan kualitas yang lebih baik daripada pulp dengan proses mekanis.

 

proses pembuatan pulp dengan proses kimia dikenal dengan sebutan proses kraft. Disebut kraft karena pulp yang dihasilkan dari proses ini memiliki kekuatan lebih tinggi daripada proses mekanis dan semikimia, akan tetapi rendemen yang dihasilkan lebih kecil diantara keduanya karena komponen yang terdegradasi lebih banyak (lignin, ekstraktif, dan mineral).

 

Kertas adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa.Kertas dikenal sebagai media utama untuk menulis, mencetak serta melukis dan banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas misalnya kertas pembersih (tissue) yang digunakan untuk hidangan, kebersihan ataupun toilet.

 

Adanya kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia. Sebelum ditemukan kertas, bangsa-bangsa dahulu menggunakan tablet dari tanah lempung yang dibakar. Hal ini bisa dijumpai dari peradaban bangsa sumeria, Prasasti dari batu,kayu, bambu, kulit atau tulang binatang, sutra, bahkan daun lontar yang dirangkai seperti dijumpai pada naskah naskahnusantara beberapa abad lampau.

 

kertas memiliki berbagai bentuk dan juga ukuran sesuai dengan kebutuhan manusia. terkadang untuk menulis, kita menggunakan ukuran kertas yang standard. dan juga untuk cover buku biasanya kita menggunakan kertas yang cenderung lebih tebal dikarenakan untuk melapisi halaman intidan juga tentunya dibuat tebal dan licin untuk membuat daya tarik kepada pembeli. dengan memegang kertas tesebut kirta dapat mengetahui apakah kertas itu termasuk kertas yang tebal atau termasuk kertas yang tipis. namun apakah kita bisa menentukan lebih rinci lagi dengan keterangan angka ? bagaimana kita dapat mengukur ketebalan kertas tersebut ?

 

TT230

 

TT230 merupakan alat yang didesain untuk mengukur ketebalan kertas. alat ini salah satu alat yang sudah berbasis digital dengan menyertakan angka digital pada keterangan setiap pengukurannya. tidak hanya mengukur ketebalan kertas, TT230 juga dapat mengukur ketebalan seperti cat, epoxy, plastik dan masih banyak lagi dengan range tidak melebihi 1.25cm.

 

TT230

 

Dizaman yang canggih ini tentunya teknologi seperti ini sangat dibutuhkan untuk mengukur ketebalan kertas secara teliti. sebagaimana kita tahu bahwa sekarang banyak produk produk yang memproduksi kertas. dengan hadirnya alat ini sangat membantu dalam kemajuan teknologi di perindustrian kertas. 

 

berikut fitur yang dimiliki oleh alat pengukur kertas TT230 tersebut :

  • TT220: integrated probe F, Measuring method: magnetic induction
  • TT230: integrated probe N, Measuring method: eddy current
  • 2 measurement modes: continuous / single
  • 5 statistical ways: Mean values / Max. values / Min. values / testing numbers.(No.) / standard deviations (S.DeV)
  • 15 measurement readings stored
  • Low battery indication
  • Automatically switch off
  • Real time or batch printing




NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji