• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Pendeteksi Kandungan Logam Pada Saus

Selasa, 16 April 2024

Makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, yang dimakan oleh makhluk hidup mendapatkan tenaga dan nutrisi. Cairan yang dipakai untuk maksud ini sering disebut minuman, tetapi kata 'makanan' juga bisa dipakai.

 

Makanan tiap-tiap daerah dan negara tentunya memiliki ciri khas masing masing yang membedakan daerah yang satu dengan yang lain atau negara dengan negara lain. dari abad keabad proses pembuatan makanan telah berubah dari generasi dan generasi, dari saat zaman batu yang pembuatan makanannya menggunakan batu kasar yang ujungnya belum begitu lancip dikarenakan keterbatasan alat, hingga era modern seperti ini yang tak jarang pembuatannya dengan bukan tangan manusia lagi, melainkan dengan tangan mesin. 

 

tak hanya pembuatan makanannya saja, bahkan dengan kemasannya pun tak jarang yang menggunakan bantuan mesin, mulai dari plastik kemasan, pembuatan logo, cetak nama produk dan masih banyak lagi(food and baverage) bantuan mesin yang tentunya memudahkan pekerjaan manusia. lalu alat secanggih apa yang dapat menjadi quality control berbagai jenis produk industri, kemasan produk, produk olahan daln lain lain ? 

 

Metal detector lah alatnya. Metal detector  adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi semua jenis metal. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan gelombang electromagnet. Apabila terjadi perubahan gelombang yang tidak sesuai, maka akan di baca sebagai metal yang mengganggu, dan di deteksi adanya metal yang lewat di lubang metal detector.

 

Tentu semua tak asing lagi dengan saus, saus merupakan salah satu penyedap makanan yang memberikan rasa pedas dengan bahan dasar atau bahan utamanya yaitu cabai. Tahukan anda dalam pembuatan saus itu mengandung logam berat seperti nikel dan tembaga maka dari itu Metal detector diciptakan Sebenarnya digunakan untuk semua jenis makanan dan berguna untuk mendeteksi logam yang terkandung dalam makanan tersebut,demi untuk mensterilisasi makanan sebelum di sebarkan luaskan ke konsumen. Pembuatan saus tomat contohnya. 

 

Bagaimana cara menghilangkan logam yang terkandung pada saus tomat ? Disini metal detector pun mengambil perannya. metal detector bekerja pada bagian akhir atau finishing dari suatu produk. jika suatu produk yang sudah dikemas mengandung metal, nilai kandungan logamnya di atas ambang NORMAL,Metal detector akan memisahkan saus yang sudah terkontaminasi Logam tersebut ketempat yang berbeda kemudian produk yang aman langsung beralih ke mesin pengepakan.

 

 

Lalu bagaimana dengan saus tomat ?

dengan metal detector, saus tomat yang berbahaya otomatis dipisahkan dengan saus yang terkontaminasi tersebut ada yang diolah kembali dan ada juga yang dimusnahkan.  jika kandungan logam yang terkandung dalam saus tersebut kadarnya sedikit akan diolah kembali sedangkan saus yang sudah termasuk berbahaya akan di musnahkan agar tidak menyebar ke masyarakat.

 

Metal detektor untuk saus ini memiliki beberapa keunggulan yaitu:

  1. Menggunakan teknologi identifikasi produk secara otomatis dan di desain agar tidak terpengaruh dengan produk yang diuji.
  2. Mudah untuk diinstalisasi dalam pipa produksi.
  3. Desain alat yang tepat yang dapat disesuaikan dengan pipa produksi.
  4. Didalam tabung atau pipa metal detector terbuat dari telfon yang tahan terhadap suhu dan tekanan yang tinggi.
  5. Memiliki sistem rejector yang akurasi dan cepat tidak hanya untuk produk liquid yang meminimumkan produk yang terbuang selam inspeksi.

 





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji