• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Tanah Uruk untuk Bendungan Waduk Bendo Diuji Coba

Sabtu, 25 November 2017

Bendungan di Waduk Bendo di Kecamatan Sawoo, Ponorogo, segera dibangun. Tanah yang akan digunakan untuk embankment atau tanggul saat ini baru diuji coba. Ada dua jenis tanah yang diuji coba untuk embankment bendungan di Waduk Bendo yaitu jenis clay dan random. Dari dua jenis tanah ini nantinya akan dipilih tanah yang paling sesuai untuk dasar bendungan.

 

PPK Pembangunan Bendungan Waduk Bendo dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), R. Panji Satrio, mengatakan saat ini progres pembangunan sudah masuk di pembangunan fisik waduk. Salah satu yang diperhatikan yaitu pembangunan bendungan.

 

Dia menyampaikan pembangunan bendungan ini tidak main-main dan perhitungannya harus akurat 100%. “Pembuatan bendungan ini berbeda dari pembangunan gorong-gorong atau talut. Talut kalau longsor mudah diperbaiki. Tapi kalau bendungan rusak, itu sulit untuk diperbaiki dan biayanya juga miliaran rupiah,” jelas dia, Rabu (27/9/2017).

 

Panji menyampaikan saat ini petugas sedang menguji tanah yang akan digunakan untuk dasar bendungan. Tanah yang digunakan tidak sembarangan perlu diuji coba dan diketahui kadar airnya. Petugas juga mengujinya dengan melindas tanah uruk itu dengan alat berat beberapa kali.

 

Untuk infrastruktur waduk saat ini masih progres pengerjaan. Terowongan yang akan dimanfaatkan untuk pengalihan air sungai juga telah siap difungsikan. Manajer Proyek Waduk Bendo, Sartono Amin Nugroho, menyampaikan uji coba tanah untuk menentukan formula yang tepat dalam pembangunan bendungan.

 

“Jadi supaya hitungannya tepat sehingga perlu diuji coba. Formula dalam uji coba berapa, itu yang akan diterapkan,” ujar dia.

 

Banyak Cara dilakukan untuk menguji kuatitas tanah, seperti yang kita baca diatas. pengujian tanah bisa dilakukan dengan melidas seluruh permukaan tanah dengan alat berat. Namun, ada cara yang lebih praktis dan tentunya menghemat waktu, Yaitu alat uji tanah dengan Light Drop-Weight Tester

 

Light Drop-Weight Tester (type HMP LFG)

light drop weight tester menguji daya dukung dan kepadatan tanah secara dinamis lapisan tanah dengan cepat dan portable, sangat cocok digunakan untuk mengukur pada area yang sulit diakses. Alat ini digunakan untuk berbagai bidang dalam konstruksi jalan raya, konstruksi pondasi kereta api, dll.

 

Alat Uji Tanah

 

HMP LFG memilki desain dan konstruksi yang ergonomis mudah dibawa-bawa, memberikan hasil pengukuran langsung yang dapat di cetak langsung menggunakna printer atau diolah datanya pada PC

 

Aplikasi penggunaan HMP LGF :

  • Konstruksi pondasi jalan dan kereta api
  • Kualitas dari konstruksi kanal
  • Monitoring kepadatan pada saluran pipa dan kabel
  • Pengujian kekerasan dari struktur aspal
  • Menguji modulus deformasi pada eksplorasi tanah

 

Keuntungan Menggunakan HMP LFG

 

Cepat dan menghemat biaya

  • Menghemat waktu (maksimum 2 menit per titik pengukuran)
  • Portabel, mudah dipindah-pindahkan dan tidak memerlukan kendaraan
  • Hasil uji dapat dilihat secara langsung

 

Mudah untuk digunakan

  • Mudah dioperasikan dan dapat dibawa oleh satu orang
  • Menguji pada lokasi yang sulit dijangkau

 

Handal dan tepat

  • Dikalibrasi oleh lembaga kalibrasi terpercaya
  • Memiliki desain yang ergonomis



Produk Terkait dengan artikel Tanah Uruk untuk Bendungan Waduk Bendo Diuji Coba


 


NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)