• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914

  • 0813 1066 1358

Penentuan Ketahanan Tarik dan Regangan Putus dengan Tensile Strength

Minggu, 23 April 2017

Pengujian kekuatan tarik beberapa jenis kertas uji dilakukan dua kali pengulangan dengan arah posisi kertas yang berbeda (vertikal dan horizontal). Nilai kekuatan tarik suatu kertas bila arah serat kertas tersebut searah dengan arah tarikan (MD) berbeda jika arah serat tersebut tegak lurus dengan arah tarikan (CD). Hal ini dikarenakan pada posisi CD, paper tensile strength tester menarik ikatan antar rantai selulosa kertas yang berupa ikatan lemah (van der waals). Sedangkan pada posisi CD alat penguji menarik ikatan atom-atom pada rantai selulosa berupa ikatan kuat sehingga sulit putus.

 

Kertas yang memiliki nilai gramatur dan densitas tinggi mempunyai nilai kekuatan tarik yang rendah. Sebaliknya kertas yang berdensitas dan bergramatur rendah memiliki nilai kekuatan tarik yang tinggi. Pada percobaan, kertas minyak memiliki nilai kekuatan tarik yang paling tinggi diantara jenis kertas lainnya.

 

Faktor yang mempengaruhinya adalah densitas dangramatur kertas minyak yang rendah. Maksudnya, kualitas kertas minyak sebagai bahan pengemas hanya digunakan untuk produk-produk tertentu (berbobotringan). Berbeda dengan duplex yang nilai kekuatan tariknya secara umum adalah rendah. Hal ini menunjukkan duplex memiliki kualitas yang paling baik bila diisi bahan produk.

 

Duplex mampu menahan bobot dengan produk tertentu. Selain densitas dan gramatur, panjang serat juga merupakan faktor penentukekuatan tarik (Nurmainah, 2002). Semakin panjang suatu serat maka nilaielongasinya semakin besar pula yang menyebabkan nilai kekuatan tarik menjadikecil. Duplex merupakan bahan kemasan yang ukuran seratnya berukuran panjang sehingga mempengaruhi nilai kekuatan tarik menjadi kecil.

 

Sebaliknya kertas minyak memiliki ukuran panjang serat yang pendek menyebabkan nilai kekuatan tariknya paling tinggi di antara lima jenis contoh uji. Pada percobaan dapat diperkirakan arah MD dan CD suatu kertas dilhat berdasarkan kekuatan tariknya. Kekuatan tarik kertas pada posisi MD mempunyai nilai yang lebih tinggi dibanding bila kertas pada posisi CD.

 

Sumber : http://www.scribd.com/doc/50172994/Bahan-kemasan-kertas





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)