• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Pentingnya Data Loger CO2 Untuk Ruangan

Kamis, 28 Maret 2024

Mengingat hal tersebut, data logger CO2 adalah solusi untuk mendeteksi dan mengelola risiko peningkatan CO2 - penting untuk mengembangkan strategi pengurangan termasuk : 

• Peningkatan ventilasi mekanis dan aliran udara

• Injeksi udara segar di luar melalui penukar panas hemat energi

• Penggunaan jendela operasi yang bijaksana

• Kipas langit-langit untuk meningkatkan sirkulasi udara yang lebih baik

• Pengurangan atau mitigasi sumber penghasil CO2 internal

 

Namun, memilih logger yang tepat dapat menjadi sesuatu yang membingungkan tanpa terlebih dahulu memahami pembeda utama antara perangkat yang tersedia. Meskipun banyak loggers saat ini menawarkan rentang pengukuran dan akurasi sensor yang sebanding, faktor kegunaan termasuk opsi konektivitas, alarming, masa pakai baterai, dan biaya kalibrasi jangka panjang bervariasi lebih luas.

 

Bluetooth Capability

Teknologi smart wireless memberikan manfaat pengguna yang belum pernah terjadi sebelumnya termasuk pengumpulan data yang efisien, manajemen yang mudah dengan pembagian data, dan operasi yang user-friendly secara keseluruhan. Memanfaatkan kemajuan terbaru saat ini dalam komunikasi nirkabellow energy, beberapa data logger CO2 kini menggabungkan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) yang mengambil data dan status pencatat log lebih cepat dan lebih nyaman daripada sebelumnya — semua menggunakan perangkat seluler modern, seperti Apple® dan Ponsel dan tablet Android®.

 

Data logger BLE CO2 merekam dan mentransmisikan secara nirkabel ke perangkat seluler sesuai permintaan, memungkinkan pengguna mengakses pengukuran dari pencatat jarak jauh hingga kisaran 100-kaki (lineof-sight). Dengan menghilangkan persyaratan untuk masuk ke Internet, memasangkan perangkat, menginstal perangkat lunak komputer, atau menghubungkan logger ke komputer untuk mengunduh data, manajer bangunan dapat menyederhanakan penelitian dalam ruangan-kualitas udara — mengurangi waktu dan biaya yang terkait dengan program pemantauan CO2 .

 

Solusi BLE sangat menguntungkan ketika menyebarkan beberapa data logger CO2 di dalam gedung, atau di lokasi yang sulit dijangkau di mana secara fisik mengunduh data dari logger akan sulit terbukti. Pemantauan sistem ventilasi adalah salah satu contoh di mana logger mungkin berada di luar jangkauan (untuk menghindari gangguan), atau di dalam saluran kembali.

 

 

LCD Display With Alarm Notifications

 

Manajer fasilitas dan insinyur bangunan juga harus mencari data logger CO2 yang dapat menampilkan layar LCD dengan pemberitahuan alarm yang dapat diprogram.

Layar LCD menggambarkan level CO2 saat ini, status logger, penggunaan baterai, konsumsi memori, dan parameter lain seperti suhu lingkungan dan kelembaban relatif. Pengguna dapat menghemat waktu dalam penggunaannya.

Dengan pemberitahuan alarm yang dapat diprogram pengguna, data logger CO2 mengeluarkan peringatan yang dapat didengar dan menampilkan peringatan visual pada layar LCD-nya ketika ada pemberitahuan, seperti konsentrasi CO2 yang melebihi ambang batas yang sehat.

Saat mengevaluasi data logger CO2 dengan fitur ini, cari opsi yang menyediakan pemberitahuan alarm berbasis suara dan tampilan sehingga manajer bangunan tetap waspada terhadap masalah saat terjadi, membantu tindakan korektif yang efisien.

 

 

Ketahanan Battery Hingga 6 Bulan

 

Daya tahan baterai yang lama merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan ketika membandingkan data logger CO2. Sementara banyak produk di pasar berjalan memiliki ketahanan daya battery yang lemah atau memerlukan biaya yang mahal untuk ketahanan battery yg lama (daya yang tinggi) — sekarang tersedia opsi yang memungkinkan data terus menerus hidup selama enam bulan pada interval lima menit menggunakan baterai alkaline atau baterai AA lithium standar. Memilih data logger CO2 dengan masa pakai baterai yang lama, pengguna mendapatkan manfaat dari tingkat fleksibilitas, peningkatan cakupan spasial, dan kemampuan untuk mengatur pemantauan CO2 di lokasi di mana tidak ada daya AC, seperti di-atau dekat-saluran balik udara HVAC.

 

data loger CO2
 

 

USB terintegrasi

 

Ketika memilih data logger CO2, dukungan USB adalah faktor kunci lainnya. Port USB meningkatkan fleksibilitas akses dan analisis data. Melalui port USB, pengguna dapat menghubungkan data logger CO2 secara langsung ke komputer yang menjalankan perangkat lunak grafik dan analisis, yang memungkinkan penggambaran cepat, perbandingan, dan ekstraksi data. Informasi ini secara visual memperkuat presentasi dan rekomendasi yang kuat.

 

Port USB juga menawarkan keuntungan dari fleksibilitas daya yang lebih besar, mendukung berbagai skenario aplikasi yang lebih luas. Secara khusus, ini termasuk penggunaan pengisi daya USB data logger CO2 untuk penggunaan yang lebih lama. Secara opsional, ketika tingkat pengambilan sampel / tanggapan alarm lebih cepat diperlukan, port USB adalah opsi daya jarak jauh yang praktis untuk operasi 24/7 tanpa gangguan saat menggunakan cache memori resirkulasi.

 

 

Kalibrasi Mudah Tanpa Gas Khusus

 

Saat menilai biaya kalibrasi dan pengoperasian, tujuannya untuk produk yang menawarkan metode kalibrasi manual dan otomatis, serta kompensasi elevasi / ketinggian. Subsistem sensor di dalam sebagian besar data logger CO2 membutuhkan kalibrasi berkala untuk referensi yang diketahui dan penempatan yang hati-hati untuk menghindari hasil yang salah. Beberapa perangkat yang paling canggih juga termasuk suhu otomatis dan kompensasi tekanan dinamis, tetapi biasanya kurang umum pada produk midrange.

 

Banyak data logger CO2 komersial — termasuk Onset® MX1102 CO2 Logger dengan teknologi BLE — menggunakan teknologi penginderaan inframerah non-dispersif bebas (NDIR) yang ditunjukkan pada Gambar ini. Ini terdiri dari tempat gas, pemancar sumber IR, filter optik, dan IR detektor. Panjang gelombang deteksi digunakan untuk mengukur konsentrasi molekul CO2 ke tingkat presisi yang masuk akal.

 

Tergantung pada desain sensor, pemancar dan detektor dapat mentransfer dari waktu ke waktu, menyebabkan kesalahan jangka panjang dan kurangnya pelaporan konsentrasi CO2 yang sebenarnya [29]. Sementara metode kalibrasi yang optimal memerlukan konsentrasi gas yang terkalibrasi dan ruang uji yang disegel, ini tidak praktis dalam masalah biaya untuk personel pemeliharaan, terutama di mana sejumlah perangkat besar mungkin beroperasi.

 

ternyata, penggunaan data logger CO2 untuk ruangan sangat penting selain untuk mengecek CO2 didalam ruangn, ternyata juga dapat memberikan efek yg baik untuk kesehatan. mengapa ? karena kita jadi mengerti berapa kadar Co2 yang baiki yang ada pada suatu ruangan. Jika anda berminat untuk memiliki alat pengujian seperti berikut, anda bisa langsung chat online di menu pojok kanan bawah atau 

 

KUNJUNGI KAMI DI

Jl. Radin Inten II No. 62 Duren Sawit – Jakarta 13440
Telp. +62-21 8690 6777 | Fax. 021 8690 6770
Phone.0816 1740 8925 | 0812 8006 9024 | 0812 9595 7914
Whatsapp. 0813 1066 1358 | 0812 9595 7914
Bantuan cepat via email : sales@alatuji.com
Website : www.alatuji.com





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji