• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Eddy Current Sensor Sebagai Uji Pada Mesin

Kamis, 25 April 2024

Alat pengujian tanpa harus merusak material biasa disebut dengan NDT (Non Destruvtive Test). Pengujian NDT banyak digunakan untuk menguji material tanpa merusak salah satunya dengan menggunakan cara Eddy Current Sensor.

 

Eddy Current Sensor merupakan sensor yang digunakan untuk menemukan kerusakan atau cacat pada material. Sensor ini memanfaatkan arus Eddy yang menuju ke material konduktor untuk menentukan titik kerusakan.

 

Sensor ini dapat digunakan untuk melakukan pengujian pada material mesin-mesin pabrik, pada mesin pabrik juga dapat dilakukan kalibrasi untuk bahan feromagnetik dan non feromagnetik. Eddy current ini dapat digunakan hingga suhu maksimal 125 derajat celcius dan bertukar frekuensi mencakup 2KHz hingga 10MHz.

 

Arah arus eddy dihasilkan dari induksi arus listrik bolak-balik di dalam material konduktor, arus bolak-balik tersebut akan menjadi medan magnetic. Arus induksi pada modifikasi material akan menumbulkan perubahan pada nilai arus induksi ketika melewati meterial yang sedang di uji.

 

Pada arus tengah melewati potongan kawat, akan muncul medan magnet di sekitar kawat tersebut, mdean arus serta kekuatan arus akan berbeda tergantung besar atau kecilnya arus yang dialirkan ke kawat yang dituju.

 

 

Sensor Eddy Current memudahkan kita dalam melakukan pengujian tanpa merusak material, karena mempunyai nilai akurat yang tinggi. Sensor yang ada didalam alat ini bisa digabungkan serta terintegrasi dengan peralatan OEM dan Mesin.

 

Keuntungan utama dalam melakukan pengujian dengan Eddy Current Sensor adalah:

1. Dapat membantu mendeteksi retak-retak kecil dan cacat yang lain
2. Probe tidak menyentuk material
3. Peralatan sangat portable
4. Dapat memeriksa semua jenis material
5. Hasil yang lebih akurat.

Setelah pengujian selesai, dapat dilakukan analisa selanjutnya untuk menentukan barang sudah sesuai dengan standrat atau belum.

 

Magnetic Flaw Detector NOVOTEST MPD-DC

 

Magnetic Flaw Detector NOVOTEST MPD-DC barlaku pada saat dalam keadaan dimana peralatan listrik tidak boleh di pakai atau dilarang oleh peraturan.

 

Perangkat yang digunakan selama pemeriksaan partikel magnetik menurut ASTM E 709, ASTM E 1444, ASME Bagian V Pasal 7 dan MIL-STD-1949.

 

Magnetic Flaw Detector NOVOTEST MPD-DC digunakan sebagai mendeteksi retak permukaan serta permukaan bawah yang merupakan permukaan dari semua jenis (serpihan, kurangnya sambungan las fusi serta air mata dll.) Pada struktur yang terbuat dari material feromagnetik.

 

Perangkat ini memiliki dua buah magnet permanen yang diletakan di dalam kerang silinder, dan dihubungkan oleh kawat magnetik fleksibel, sehingga dapat digunakan untuk MPI lokasi terpencil, lasan sebut dan produk lainnya dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda.

 

 

Perbedaan Metode NDT Eddy Current dengan Magnetic Particle Inspection

 

Metode dengan menggunakan Magnet Particle merupakan metode yang berfungsi untuk menguji material yang bersifat ferromagnetic seperti baja dan besi. Metode ini tertuju pada bagian surface dan subsurface. Prinsipnya ialah mengamati perubahan garis gaya magnet(flux) karena adanya cacat pada material yang diuji.

 

Metode dengan menggunakan Eddy Current ini menggunakan peribahan arus listrik pada material yang bersifat konduktif yang disalurkan melalui medan magnet. Eddy current akan terlihat ketika cacat pada material terdeteksi sehingga menyebabkan terjadi perubahan pada magnet.

 

Untuk menentukan sebuah kualitas pada material yang harus sesuai pada standar, diperlukan beberapa pengujian agar dapat layak digunakan. Seiring berjalannya waktu teknologi semakin berkembang, kini pengujian dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus merusak material yang telah diuji dan dapat digunakan kembali. Pengujian ini disebut dengan NDT khususnya Eddy Current 

 





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji