• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Panduan Penginstalan Weather Station

Kamis, 28 Maret 2024

Weather station adalah alat pengukur cuaca yang didalamnya terdapat data logger yang dipasangkan ke tripod logam. Weather station ini memiliki sistem yang berjalan dengan baterai atau dikombinasi dengan tenaga surya. Berikut komponen utama yang ada pada weather station ini.

 

  • Data logger
  • Sensor
  • Cables
  • Tripod or other mounting system
  • Grounding
  • Securing equipment such as guy wires

 

Data logger merupakan pusat dari weather station yang digunakan untuk pencatat data. Komponen utamanya adalah mikroprosesor, saluran input data, baterai serta casing atau tempat yang tahan cuaca. Para peneliti harus mempertimbangkan data saluran input yang disediakan data logger sebelum membeli. Beberapa tipe menentukan berapa banyak sensor yang dapat ditambahkan ke weather station. Dengan adanya casing atau rumah dari weather station yang weatherproofing menjaga komponen elektronik tetap kering dan berfungsi dengan baik dalam kondisi iklim tropis.

 

Data logger pada weather station mencata dan menyimpan data yang dikumpulkan dan mengambilnya melalui komputer atau laptop dengan menggunakan transfer data atau mengakses melalui Wi-Fi.

 

Lokasi Pemasangan dan Penempatan Sensor

Para peneliti membutuhkan data tentang kondisi cuaca dengan menggunakan weather station ini. Weather station ditempatkan di area terbuka dan jangan sampai terhalang pohon atau bangunan lainnya dengan menggunakan tripod besi agar tidak jatuh. Weather station ini harus di pasang 10 kali lebih tinggi dari pohon atau bangunan disekelilingnya.

 

Dalam kasus ini, biasanya Weather station digunakan untuk mengukur iklim mikro, misalnya seorang peneliti dapat mengukur iklim mikro untuk mempelajari caranya elevasi mempengaruhi suhu di area tertentu, sementara ada juga yang digunakan untuk belajar.

 

Tips Penerapan Weather Station

Penelitian biasanya menggunakan tripod untuk menggunakan weather station. Weather station dipasangkan dengan tripod dan harus dipasangkan sekuat mungkin agar tidak tumbang jika terkena angin kencang.

 

 

Untuk membantu mencegah korosi pada sensor dan port sensor, yaitu dengan menyemprotkan WD40 atau pelumas yang serupa pada port atau sensor sebelum di hidupkan. Data logger harus dipasang pada tiang sehingga kabelnya keluar bagian bawah, ini bertujuan agar tetesan air tidak masuk kedalam.

 

Penempatan Sensor Weather Station

Setelah Weather Station dipasang dengan tepat, sensor harus diposisikan dengan betul agar pada saat mengumpulkan data weather station dapat dengan akurat. Tabel berikut menunjukan rekomendasi untuk memposisikan jenis sensor tertentu :

 

 

Sensor

Positioning

Solar radiation,

PAR

Mount on a mounting arm or bracket on the south side of the mast if in the northern hemisphere so that it will not fall into the shade of the mast or other sensors. Point sensor up and properly leveled.

Wind speed and

wind direction

Attach to the top of the upper mast and set the wind direction sensor to read 0 or 360 degrees when pointing north. Whenever possible, position sensors at the same height for all stations. If one sensor is placed lower or higher than another, the wind data can not be directly compared. Wind speeds are typically lower closer to the ground.

Soil moisture

Place in an area of the soil with only a few rocks and pebbles. If probes touch rocks or pebbles, measurements can be inaccurate. Set soil sensors far enough away from the tripod to avoid being in the shadow of the tripod.

Rainfall

Place sensor so the top is one meter above the ground, on a separate mast at a distance away of at least twice the height of the weather station.

Leaf wetness

Mount as close to plant canopy as possible. However, position far enough away from trees so plant leaves do not touch the sensor. This will also help sensors avoid coming in contact with chemical plant sprays.

Barometric

pressure

Use weatherproof barometric pressure sensors and mount outside of logger enclosure, since enclosure seals and vents can cause pressure inside housing to differ. The height of the barometric sensor is not a factor.

 

 

 

 





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji