• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Menyelamatkan Sarang Penyu Laut Dengan Water Level HOBO

Jum'at, 26 April 2024
Para peneliti dari Florida State University menggunakan HOBO Water Level data logger untuk mengidentifikasi area sarang penyu laut yang beresiko tinggi ancaman genangan air tanah.

 

HOBO U20L-04 water level logger membantu para peniliti mengidentifikasi daerah-daerah yang beresiko tinggi terhadap ancaman genangan air tanah serta memberitahukan batas standar embrionik ketika banjir benar-benar terjadi.

 

Dalam upaya meningkatkan keberhasilan penetasan telur penyu, anggotanya mengambil sarang dan memindahkannya lebih dekat ke bukit pasir. Cara ini hanya dapat dilakukan dalam waktu 12 jam dari sarang yang diletakan, namun jika memindahkan sarang terlalu lama dari waktu itu maka dapat menyebabkan kematian embrio penyu tersebut.

 

 

 

 

 

 

HOBO U20L-04 water level logger
 

"Telur yang terendam genangan tidak akan bertahan lama sebab peneliti tidak tahu seberapa kuat embrio bernafas jika di dalam air oleh karena itu harus diperhatikan ketinggian airnya."

 

Pada musim panas 2017, dengan bantuan relawan Share the Beach dan staf BSNWR mengerahkan water level data logger HOBO U20L-04  di lokasi percobaan di Fort Morgan Peninsula, Tujuannya adalah untuk menguji apakah data logger ini bekerja lebih baik dari alat sebelumnya (pipa PVC) yang digunakan untuk mengukur genangan air di sarang penyu laut. Setelah di tes kami menyimpulkan bahwa "Meskipun dirancang untuk penggunaan air, data logger U20L-04 dilakukan secara mengagumkan ketika diaplikasikan di pantai. Interval pengambilan sampel yang dapat disesuaikan dan akurasi pengukuran sub-sentimeter memastikan bahwa data ketinggian air dapat dikumpulkan pada skala yang relavan secara biologis, terutama selama cuaca buruk yang tidak aman bagi para peniliti atau sukarelawan ke pantai"

 

Perbandingan water level data logger HOBO U20L-04 dengan metode pengukuran genangan air yang lama menunjukan bahwa water level data logger HOBO lebih tepat dan memberikan peniliti cakupan data yang lebih luas dari alat yang sebelumnya. Setelah pengujian yang sukses nantinya akan mengerahkan water level data logger HOBO di 11 sarang penyu. Mesikupun tiga dari sarang-sarang ini hanyut oleh badai, 6 data logger yang tersisi berhasil mencatat peristiwa genangan air tanah. Untuk musin bersarang penyu selanjutnya yang akan datang, kami akan menempatkan water level data logger sebanyak mungkin agar penyu dapat terselamatkan.

 

“Menggunakan data logger HOBO untuk mengukur genangan, tidak hanya meningkatkan pemahaman kita tentang biologi penyu. Menandai sarang penyu laut untuk perlindungan, menarik banyak perhatian publik, dan pemasangan peralatan pemantauan cenderung menimbulkan banyak pertanyaan. Interaksi ini menawarkan peluang luar biasa untuk terlibat dalam diskusi tentang konservasi laut dan masalah lingkungan lainnya dengan masyarakat umum. Data Logger HOBO telah menjadi alat yang berharga untuk menghubungkan penelitian ilmiah kami dengan kepentingan publik dalam konservasi. ”




Produk Terkait dengan artikel Menyelamatkan Sarang Penyu Laut Dengan Water Level HOBO


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji