• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Surface Roughness

Jum'at, 26 April 2024

Surface roughness atau kekasaran permukaan, sering disingkat menjadi kekasaran, adalah komponen dari tekstur permukaan. Hal ini diukur dengan penyimpangan ke arah vektor normal permukaan nyata dari bentuk idealnya. Jika penyimpangan ini besar, permukaan kasar; jika mereka kecil, permukaan halus. Kekasaran biasanya dianggap sebagai komponen frekuensi tinggi, pendek-panjang gelombang permukaan diukur (lihat metrologi permukaan). Namun, dalam prakteknya sering diperlukan untuk mengetahui baik amplitudo dan frekuensi untuk memastikan bahwa permukaan cocok untuk suatu tujuan.

 

Kekasaran memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana benda nyata akan berinteraksi dengan lingkungannya. Permukaan kasar biasanya memakai lebih cepat dan memiliki koefisien gesekan tinggi dari permukaan yang halus (lihat tribology). Kekasaran sering prediktor yang baik dari kinerja komponen mekanik, karena penyimpangan dalam permukaan dapat membentuk nukleasi untuk retak atau korosi. Di sisi lain, kekasaran dapat mempromosikan adhesi.

 

Meskipun nilai kekasaran tinggi sering tidak diinginkan, bisa sulit dan mahal untuk mengendalikan di bidang manufaktur. Penurunan kekasaran permukaan biasanya akan meningkatkan biaya manufaktur. Hal ini sering menghasilkan trade-off antara biaya pembuatan komponen dan kinerjanya dalam aplikasi.

 

Kekasaran dapat diukur dengan perbandingan petunjuk terhadap "kekasaran permukaan pembanding", contoh kekasaran permukaan diketahui, tetapi lebih umum pengukuran profil permukaan dibuat dengan profilometer yang dapat kontak (biasanya stylus berlian) atau optik (misalnya putih interferometer cahaya).

 

Namun, kekasaran dikontrol sering diinginkan. Sebagai contoh, permukaan gloss bisa terlalu mengkilap mata dan terlalu licin untuk jari (touchpad adalah contoh yang baik) sehingga kekasaran dikendalikan diperlukan. Ini adalah kasus di mana kedua amplitudo dan frekuensi yang penting.

 

Nilai kekasaran baik dapat dihitung pada profil (garis) atau pada permukaan (area). Parameter profil kekasaran (Ra, Rq, ...) yang lebih umum. Parameter daerah kekasaran (Sa, Sq, ...) memberikan nilai lebih signifikan.

Profil parameter kekasaran

Masing-masing parameter kekasaran dihitung dengan menggunakan rumus untuk menggambarkan permukaan. Meskipun parameter ini umumnya dianggap "terkenal" standar acuan yang menjelaskan masing-masing secara rinci adalah Permukaan dan Pengukuran mereka.

 

Ada banyak parameter kekasaran yang berbeda digunakan, tetapi teks R_ \ {a} adalah yang paling umum meskipun hal ini sering karena alasan historis bukan untuk prestasi tertentu sebagai meter kekasaran awal hanya bisa mengukur R_ \ text {a}. Parameter umum lainnya termasuk R_ \ text {z}, R_ \ text {q}, dan R_ \ text {} sk. Beberapa parameter yang digunakan hanya dalam industri tertentu atau di negara-negara tertentu. Sebagai contoh, R_ \ text {k} keluarga parameter yang digunakan terutama untuk lapisan lubang silinder, dan parameter Motif yang digunakan terutama di Perancis.

 

Karena parameter ini mengurangi semua informasi dalam profil ke satu nomor, hati-hati harus diambil dalam menerapkan dan menafsirkan mereka. Perubahan kecil dalam bagaimana data profil mentah disaring, bagaimana garis rata-rata dihitung, dan fisika pengukuran dapat sangat mempengaruhi parameter dihitung. Dengan peralatan digital modern masuk akal untuk melihat scan dan pastikan tidak ada beberapa gangguan yang jelas yang miring nilai - dan jika ada, untuk mengukur kembali.

 

Karena tidak jelas bagi banyak pengguna yang masing-masing pengukuran benar-benar berarti, akan sangat membantu untuk memiliki alat simulasi yang memungkinkan Anda "bermain" dengan parameter kunci dan melihat seberapa baik (atau buruk) permukaan yang jelas berbeda dengan mata manusia dibedakan oleh langkah-langkah. Jelas, misalnya bahwa R_ \ text {a} akan gagal untuk membedakan antara dua permukaan di mana salah satu terdiri dari puncak pada permukaan halus lain dan yang lain terdiri dari palung dari amplitudo yang sama. Alat tersebut dapat ditemukan dalam format app.

 

Dengan konvensi setiap parameter kekasaran 2D adalah R modal diikuti oleh karakter tambahan dalam subscript tersebut. Subscript mengidentifikasi formula yang digunakan, dan R berarti bahwa formula diterapkan pada profil kekasaran 2D. Huruf yang berbeda menyiratkan bahwa rumus itu diterapkan pada profil yang berbeda. Misalnya, Ra adalah rata-rata aritmatika dari profil kekasaran, Pa adalah rata-rata aritmatika dari profil mentah tanpa filter, dan Sa adalah rata-rata aritmatika dari kekasaran 3D.

 

Setiap formula yang tercantum dalam tabel mengasumsikan bahwa profil kekasaran telah disaring dari data profil mentah dan garis rata-rata telah dihitung. Profil kekasaran berisi n memerintahkan, poin sama spasi sepanjang jejak, dan y_i adalah jarak vertikal dari garis rata-rata untuk i ^ \ titik text {} th data. Tinggi diasumsikan positif ke arah atas, jauh dari bahan massal.

 

Sumber refrensi :

www.wikipedia.org

www.google.co.id/search

 





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji