• Local Phone

    021 8690 6777

    021 8690 6771

    021 9529 3259

  • GSM Celuller

    0816 1740 8927

    0812 8006 9024

    0817 6700 726

  • Customer Care

    0815 1777 2387

  • Email

    sales@alatuji.com

    BlackBerry Pin: 2856BC08

     

  • Sales

Home>>  Article>>  Bahaya Getaran ?? Vibration Meter Solusinya
 

SERVICE & SUPPORT

 

TESTIMONIALS

 
Customer Care
 
 
 
Universal Testing Machine
Xbanner 3
Xbanner 2
Xbanner 1
Banner Dealer2

Bahaya Getaran ?? Vibration Meter Solusinya

16 February 2012 03:30


Getaran berbahaya bagi manusia? Apakah benar? Solusinya apa? Berikut penjelasannya.


Getaran merupakan gerakan teratur suatu benda atau media secara bolak-balik dengan kedudukan keseimbangan. Secara umum, getaran dikenal dengan vibrasi yaitu suatu faktor fisik yang menjalar ke tubuh sehingga membuat tubuh bergerak secara teratur akibat memakai alat yang bergetar. Getaran ini terjadi saat mesin atau alat yang menggunakan motor difungsikan atau dijalankan untuk suatu aktifitas.


Getaran biasanya dirasakan oleh pekerja-pekerja yang biasanya menggunakan alat yang difungsikan dengan menggunakan motor yaitu operator gergaji mesin, pemotong rumput, pengebor industri dan lain-lain. Sumber getaran yang dirasakan biasanya diperoleh dari peralatan yang mereka gunakan seperti bor listrik, gergaji mesin, mesin pemotong rumput dan lain-lain. Lalu apa bahayanya?


Mungkin banyak orang belum tahu mengenai bahaya getaran. Bahaya getaran tersebut antara lain:

  1. Kelainan pada sistem syaraf dan peredaran darah. Gejala kelainan seperti itu tentu dirasakan anggota tubuh seperti tangan dan kaki manusia karena organ tubuh tersebut yang merasakan getaran saat bekerja. Keadaan organ tubuh tersebut yaitu memucat kebiruan, anggota badan kedinginan.
  2. Kerusakan-kerusakan pada persendian tulang dan sendi. Gejala ini memang sering terjadi kepada para pekerja yang menggunakan alat bergetar. Nyeri sendi dan sakit pinggang merupakan contoh dua keluhan yang sering dirasakan oleh para pekerja.

 

Lalu bagaimana mencegah hal ini? Tentu solusinya dengan alat yang dinamakan dengan vibration meter.

 

Vibration meter merupakan alat pengukur getaran yang digunakan pada alat/mesin yang mempunyai getaran pada penggunaannya. Dengan pengukuran vibration meter ini, akan didapatkan hasil yang akan dibandingkan dengan nilai ambang batas yang telah ditentukan oleh Keputusan Menteri Tenaga Kerja.

 

Tentunya dengan pengukuran vibration meter ini, para pelaku industri dapat mencegah atau menghindari para pekerjanya mendapat bahaya getaran yang parah. Cara yang dapat dilakukan adalah  pengukuran getaran dengan vibration meter lalu disesuaikan dengan nilai ambang batas getaran yang telah ditentukan.