• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Cara Kerja Rain Gauge

Rabu, 17 Januari 2018

Data Logging Rain gauge terdiri dari dua komponen utama: Curah Tipping-bucket Kolektor, dan Log Data Event / Suhu HOBO®. Kolektor terdiri dari cincin, layar, dan coretan pisau aluminium berlapis hitam yang dilapisi bubuk hitam perakitan yang mengalihkan air hujan ke mekanisme tipping-bucket terletak di aluminium perumahan. Perumahannya adalah aluminium berlapis bubuk putih yang dirancang untuk tahan bertahun-tahun paparan lingkungan.

 

Mekanisme tipping-bucket dirancang seperti tip yang satu ember itu terjadi untuk setiap curah hujan 0,01 "(RG3) atau 0,2 mm (RG3-M). terdeteksi ketika magnet yang menempel pada tipping - bucket menggerakkan sebuah saklar magnetik sebagai ember tip, sehingga mempengaruhi penutupan saklar sesaat untuk setiap tip. Menghabiskan air hujan saat itu mengalir keluar dari dasar perumahan. Peralihan terhubung ke HOBO Event / Temperatur data logger, yang mencatat waktu setiap tip.

 

Data logger adalah logger event yang tahan lama dan tahan cuaca dengan sensor suhu 10 bit. Bisa catat 16.000 atau lebih pengukuran dan tip. Menggunakan coupler dan base station optik dengan Antarmuka USB untuk peluncuran dan pembacaan data oleh komputer. Pilihan antar-jemput data juga tersedia.

 

Catatan: Logger data Peristiwa / Suhu HOBO dan Tipping-bucket Collector miliki nomor seri terpisah Nomor seri logger terlihat melalui perumahan logger dan berada juga tercatat di file data HOBOware (.hobo file). Seri Tipping-bucket Collector nomor ditemukan pada label produk perumahan kolektor dan kotak kemasan. Ambil a momen dan catat nomor seri di sini: HOBO Event / Temperature Data Logger Serial

 

Specifications

Rain Gauge

Maximum Rainfall Rate 12.7 cm (5 in.) per hour

Calibration Accuracy ±1.0% (up to 2 cm per hour for the RG3-M or up to 1 in. per hour

for the RG3)

Resolution 0.2 mm (RG3-M) or 0.01 in. (RG3)

Calibration Requires annual field calibration, see Field Calibration section

Operating Temperature Range 0° to 50°C (32° to 122°F)

Storage Temperature Range -20° to 70°C (-4° to 158°F)

Environmental Rating Weatherproof

Housing 15.24 cm (6 in.) aluminum collector and base

Tipping-bucket Mechanism Stainless steel shaft with brass bearings

Dimensions 25.72 cm height x 15.24 cm diameter (10.125 x 6 in.);

Weight 1.2 Kg (2.5 lbs)

Part Numbers RG3 (0.01 in. per tip)

RG3-M (0.2 mm per tip)

The CE Marking identifies this product as complying with all

relevant directives in the European Union (EU).

Logger

Time Stamp Resolution 1.0 second

Time Accuracy ±1 minute per month at 25°C (77°F), see Plot B

Operating Range -20° to 70°C (-4° to 158°F)

Environmental Rating (for Logger

Used Outside of Rain Gauge)

Tested to NEMA 6 and IP67; suitable for deployment outdoors

NIST Traceable Certification Available for temperature only at additional charge; temperature

range -20° to 70°C (-4° to 158°F)

Battery CR-2032 3V lithium battery; 1 year typical use

 

Mengakses Logger

Untuk mengakses logger, buka tutup jempol yang menahan cincin, layar, dan saluran perakitan ke perumahan pengukur hujan. Lepaskan rakitan dari rumahan dengan menarik cincinnya ke atas sambil menahan perumahan. Logger kemudian bisa dilihat dipasang di dudukannya di dalam perumahan pengukur hujan seperti yang ditunjukkan di bawah. Saat memasang kembali cincin di perumahan logger, sejajarkan thumbscrews dengan slot (jika ada slot di perumahan). Screw thumbscrews di, memastikan mereka pergi melalui slotnya.

 

Koneksi Gauge Logger-to-Rain

Kabel input hitam dan putih logger terhubung ke keluaran tipping-bucket oleh blok terminal seperti ditunjukkan di kiri.

 

Pertimbangan Penerapan Logger

Pastikan kabel logger tidak mengganggu pengoperasian mekanisme tipping-bucket! Saat logger tidak digunakan Di luar perumahan pengukur hujan, kabel harus dililitkan dengan rapi tanpa tikungan tajam, diikat dengan ikatan kabel, dan ditempatkan antara pemegang tipping-bucket dan pemegang logger (ditunjukkan pada kiri). Logger harus ditempatkan dengan aman di dudukannya.

 

rain gauge RGM

 

Cara Menggunakan Logger untuk Pengukuran Suhu

Untuk menggunakan logger untuk merekam suhu, harus digunakan di luar perumahan pengukur hujan dalam radiasi matahari yang sesuai perisai (seperti yang disediakan oleh Onset) untuk memastikan akurat pengukuran suhu

 

  1. Jika Anda belum melakukannya, buka tutup jempolnya yang mengamankan ring, screen, dan corong perakitan hujan gauge perumahan Lepaskan rakitan dari tempat tinggal oleh Menarik cincin itu sambil menahan rumahan. Lepaskan kabel kabel yang menahan kabel dengan hati-hati.
  2. Jika ada penutup karet di blok terminal, lepaskan. Lepaskan kedua sekrup blok terminal yang menahan kabel input hitam dan putih logger. Catatan: Sekrup tidak harus benar-benar dihapus-hanya cukup untuk meluncur keluar kabelnya
  3. Lepaskan logger dan kabel dari dalam rumahan.
  4. Dari luar rumah, isilah kabel ujung kabel melalui karet grommet. Geser kabel kembali ke terminal blok sampai tidak ada kawat telanjang yang menunjukkan, tapi hanya jauh cukup sehingga sekrup blok terminal ditekan kawat telanjang dan bukan isolasi hitam dan putih. (Itu Polaritas koneksi input tidak penting.) Kencangkan sekrup blok terminal dan kemudian dengan lembut menarik kabelnya pastikan mereka aman Pastikan kabel berlebih di dalamnya Perumahan diamankan sehingga tidak mengganggu pengoperasian mekanisme tip-bucket! Jika memungkinkan, buat service loop untuk kabel dengan menggunakan dua kabel kecil loop dan kabel yang aman ke dasi kabel seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
  5. Tempatkan rakitan cincin ke belakang pada rumahan. Jika ada slot di perumahan, sejajarkan thumbscrews dengan slotnya saat reassembling Screw thumbscrews di, pastikan mereka melewati celah.

 




Produk Terkait dengan artikel Cara Kerja Rain Gauge


 


NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)