• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914
    0813 8742 8586

Jasa Balancing dan Laser Alignment

Rabu, 23 Mei 2018

Pada beberapa bagian mesin (rotor) diharuskan memiliki keseimbangan atau balancing yang baik dalam kinerja dan performanya. Seiring perputaran rotor mesin, rotor mesin akan kehilangan keseimbangan (unbalance) sehingga harus diseimbangkan kembali. Untuk menyeimbangkan kembali rotor tersebut menggunakan instrument Balancing Machine.

 

 

Apa Itu Balancing Machine ?

balancing machine adalah alat ukur yang digunakan untuk menyeimbangkan berputar bagian mesin seperti rotor untuk motor listrik, kipas angin, turbin, rem cakram, disc drive, baling-baling dan pompa. Mesin biasanya terdiri dari dua tiang kaku, dengan suspensi dan bantalan di atas mendukung platform pemasangan.

 

Unit yang diuji melesat ke platform dan diputar baik dengan belt-, ber, atau akhir-drive. Sebagai bagian diputar, getaran dalam suspensi terdeteksi dengan sensor dan informasi yang digunakan untuk menentukan jumlah ketidakseimbangan di bagian. Seiring dengan informasi fase, mesin dapat menentukan berapa banyak dan di mana untuk menambahkan bobot untuk menyeimbangkan bagian.

 

 

Jenis Mesin Balancing

Ada dua jenis utama dari balancing machine, hard-bantalan dan lembut-bearing. Perbedaan antara mereka, bagaimanapun, adalah dalam suspensi dan bukan bantalan.

 

Dalam mesin keras bantalan, balancing dilakukan pada frekuensi yang lebih rendah daripada frekuensi resonansi dari suspensi. Dalam mesin soft-bantalan, balancing dilakukan pada frekuensi yang lebih tinggi daripada frekuensi resonansi dari suspensi. Kedua jenis mesin memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Sebuah mesin hard-bearing umumnya lebih fleksibel dan dapat menangani potongan dengan sangat bervariasi beban, karena mesin keras bantalan mengukur efek sentrifugal dan hanya memerlukan kalibrasi satu kali. Hanya lima dimensi geometris perlu dimasukkan ke dalam unit pengukuran dan mesin siap digunakan. Oleh karena itu, ia bekerja dengan sangat baik untuk rendah dan menengah ukuran volume produksi dan bengkel reparasi.

 

Sebuah mesin soft-bearing tidak begitu serbaguna dengan hormat terhadap jumlah berat rotor harus seimbang. Penyusunan mesin soft-bantalan untuk jenis rotor individu lebih memakan waktu, karena itu perlu dikalibrasi untuk jenis bagian yang berbeda. Hal ini sangat cocok untuk volume produksi yang tinggi dan balancing tugas presisi tinggi.

 

Keras dan mesin bantalan lembut dapat otomatis untuk menghilangkan berat badan secara otomatis, misalnya dengan pengeboran atau penggilingan, tapi mesin keras bantalan lebih kuat dan dapat diandalkan. Kedua prinsip mesin dapat diintegrasikan ke dalam jalur produksi dan dimuat oleh lengan robot atau gantry, yang memerlukan kontrol manusia sangat sedikit.

 

 

Jenis lain balancing machine:

 

jasa balancing roll

 

Mesin balancing statis berbeda dari mesin keras dan bantalan lembut di bagian ini tidak diputar untuk mengambil pengukuran. Bukannya bertumpu pada bantalan nya, bagian terletak vertikal di pusat geometris nya. Setelah istirahat, setiap gerakan oleh bagian dari pusat geometris nya terdeteksi oleh dua sensor tegak lurus di bawah meja dan kembali sebagai ketidakseimbangan.

 

Balancers Static sering digunakan untuk menyeimbangkan bagian dengan diameter lebih besar dari panjang mereka, seperti kipas. Keuntungan menggunakan penyeimbang statis adalah kecepatan dan harga. Namun penyeimbang statis dapat hanya benar dalam satu pesawat, sehingga akurasinya terbatas.

 

Sebuah mesin pisau balancing mencoba untuk menyeimbangkan bagian dalam perakitan, sehingga koreksi minimal diperlukan nanti. Balancers pisau yang digunakan pada bagian-bagian seperti kipas, baling-baling, dan turbin. Pada penyeimbang pisau, pisau masing-masing untuk dirakit ditimbang dan beratnya menandatangani paket perangkat lunak balancing. Perangkat lunak ini kemudian macam pisau dan mencoba untuk menemukan pengaturan pisau dengan paling sedikit ketidakseimbangan.

 

Portabel mesin balancing digunakan untuk menyeimbangkan bagian yang tidak dapat dipisahkan dan memakai mesin balancing, biasanya bagian yang saat ini beroperasi seperti turbin, pompa, dan motor. Balancers portabel datang dengan sensor perpindahan, seperti akselerometer, dan fotosel, yang kemudian dipasang ke tiang atau kandang bagian berjalan.

 

Berdasarkan getaran terdeteksi, mereka menghitung ketidakseimbangan bagian itu. Banyak kali perangkat ini mengandung spektrum analyzer sehingga kondisi bagian dapat dipantau tanpa menggunakan fotosel dan non-rotasi getaran dapat dianalisis.

 

 

Pengertian Laser Aligment

 

jasa alignment

 

 

Laser alignment merupakan suatu proses mensimetriskan objek (poros) dengan menggunakan sensor infrared (inframerah). Dimana objek (poros) diukur dengan sensor sinar laser infra merah untuk menguji tingkat kesimetrisan serta berlangsungnya proses mensimetriskan objek (poros).

 

Berbagai macam jenis dan cara dalam men-simetriskan suatu objek (poros) dari mulai menggunakan alat bantu dan proses yang fullmanualisasi, Dalam pengujian tingkat kesimetrisan secara manual sangat dibutuhkannya ketelitian tinggi, waktu pengujian dan waktu mensimetriskan objek (poros) terbilang lebih lama, jangkauan pengujian serta proses mensimetriskan dan pencatatan yang jelas agar dapat ditinjau kembali untuk proses mensimetriskan objek (poros).

 

Untuk meningkatkan efisiensi waktu dan produktifitas kerja, mendapatkan hasil pengujian secara langsung anda dapat menggunakan laser alignment system. Laser alignment system adalah sistem mensimetriskan objek (poros) dengan menggunakan sensor infrared untuk menguji tingkat kesimetrisan suatu objek serta memproses lanjut untuk mensimetriskan objek (proses).

 

Alatuji.com merupakan distributor berbagai penjualan alat – alat pengujian. Selain menjual alat alat pengujian, alat uji juga membantu anda dalam Jasa Balancing dan Laser Alignment. Termasuk jasa repair balancing machine, jasa repair upgrade, jasa upgrade testing machine, jasa repair alat uji dan masih banyak lagi. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami, anda bisa langsung chat online di pojok kanan bawah pada website kami yaitu alatuji.com atau

 

KUNJUNGI KAMI DI

Jl. Radin Inten II No. 62 Duren Sawit – Jakarta 13440
Telp. +62-21 8690 6777 | Fax. 021 8690 6770
Phone.0816 1740 8925 | 0812 8006 9024 | 0812 9595 7914
Whatsapp. 0813 1066 1358 | 0812 9595 7914
Bantuan cepat via email : sales@alatuji.com
Website : www.alatuji.com




Produk Terkait dengan artikel Jasa Balancing dan Laser Alignment


 


NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)